Menhan RI Menerima Delegasi US-ASEAN Business Council

Rabu, 8 Februari 2012

Jakarta DMC,- Menteri Pertahanan Republik Indonesia Purnomo Yusgiantoro, Rabu (8/2) menerima kunjungan DelegasiUS-ASEAN Business Council di kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta. Kunjungan ini adalah bagian dari serangkaian kunjungan rutin tahunan ke Indonesia dalam rangka mempererat hubungan dan kerjasama dengan pemerintah Indonesia.

Namun maksud dari kunjungan delegasi US-ASEAN Business Council ke Kementerian Pertahanan RI kali ini adalah membahas peluang-peluang kerjasama khusus di bidang industri pertahanan secara umum yang dapat dilakukan dengan Industri Pertahanan dalam negeri.

Disamping itu pertemuan antara delegasi ini dengan Menhan, juga membicarakan permasalahan stabilitas keamanan di wilayah ASEAN yang terdapat didalam Forum ASEAN Defence Minister Meeting.

Delegasi US-ASEAN Business Council yang berkesempatan hadir pada pertemuan itu adalah perwakilan dari beberapa perusahaan Amerika yang ada diwilayah ASEAN, seperti Chevron,  Freeport McMoRan Copper & Gold Inc, Microsoft, Caterpillar, dan Perusahaan Seagate Technology.

Dalam kesempatan tersebut, Menhan RI didampingi oleh Sekjen Kemhan RI Marsdya TNI Eris Herryanto, Kabaranahan Kemhan Mayjen TNI Ediwan Prabowo serta beberapa pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemhan RI.

US-ASEAN Business Council merupakan organisasi nasional utama di Amerika yang mewakili kepentingan sektor swasta di ASEAN, yang meliputi 10 negara yaitu Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Philipina, Singapura,Thailand dan Vietnam.

US-ASEAN Business Council mewakili sekitar 100 perusahaan besar Amerika yaitu perusahaan-perusahaan yang telah mempunyai usaha selama lebih dari 100 tahun sampai dengan perusahaan-perusahaan yang baru saja mempunyai kegiatan usahanya di ASEAN.

US-ASEAN Business Council telah didedikasikan untuk mengefektifkan hubungan bilateral negara-negara ASEAN dengan Amerika Serikat melalui kekuatan ekonomi dan perdagangan. Di sektor finansial, salah satu agendanya adalah integrasi ekonomi ASEAN.

Demikian Siaran Press Pusat Komunikasi Publik Kemhan




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia