Kemhan RI Bersama Dephan Amerika Serikat Selenggarakan Workshop Perdana Public Affairs

Kamis, 9 Februari 2012

Jakarta, DMC – Sebagai wujud kerjasama bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat bentuk-bentuk kerja sama pertahanan terus ditingkatkan, khususnya setelah kembali normal paska pencabutan embargo tahun 2005. Kerangka kerja sama tersebut tetap berprinsip pada kesetaraan, saling menguntungkan dan saling menghormati kedaulatan negara masing-masing. Oleh karena itu kerja sama pertahanan yang telah dilaksanakan selama ini tentunya perlu dipublikasikan oleh kedua belah pihak dalam rangka pencapaian pencitraan positif dari publik.

Komunikasi Publik atau Public Affairs dewasa ini semakin berperan dalam  membentuk opini dan pencitraan suatu institusi dan kegiatannya. Bentuk kegiatan  ini membutuhkan keterampilan (skills) dan pengetahuan (knowledge) yang luas dari seluruh bidang khususnya dalam aspek pertahanan. Selain itu permasalahan tersebut juga perlu disosialisasikan secara komprehensif sesuai dengan ketentuan yang berlaku

Melihat perkembangan saat ini, maka Kementerian Pertahanan Indonesia bersama Departemen Pertahanan Amerika Serikat/Pentagon (US DoD) menyelenggarakan Workshop Internasional. Workshop Internasional yang mengangkat temaEnhancing Defence Cooperation on Public Affairs ini di selenggarakan sehari Kamis (9/2), bertempat di Kantor Kemhan RI.

Penyelenggaraan Workshop Internasional ini merupakan langkah awal program kerjasama tahunan Public Affairs antara Pusat Komunikasi Publik (Puskom Publik) Kemhan RI dengan Public Affairs (PA) US DoD.  Dengan adanya bentuk kerjasama baru ini maka akan memperkuat kerjasama pertahanan yang telah ada dan diharapkan pencitraan kedua belah pihak dapat ditingkatkan.

Adapun maksud dan tujuan di selenggarakannya Workshop Internasional ini sebagai bahan acuan bagi publikasi media dalam bidang kerjasama pertahanan Indonesia dan Amerika Serikat, serta memberikan pemahaman kepada pemangku kepentingan pertahanan dan media massa dalam bidang publikasi kerjasama pertahanan Internasional khususnya antara Kemhan RI dan US DoD.

Workshop tersebut rencananya akan dihadiri pejabat Bidang pertahanan kedua negara, Mabes TNI, Angkatan, Kemenko Polhukam, Kemenlu, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, Para Athan ASEAN, Media Massa Nasional dan Asing, Pengamat Pertahanan, serta kalangan akademisi dari Universitas Pertahanan dan Universitas Indonesia. Selain itu, Workshop Internasional  akan dibuka dengan pembicara kunci dari Wamenhan RI, dan mengundang pembicara dari berbagai kalangan kedua Negara seperti, Kapuskom Publik Kemhan, Brigjen TNI Hartind Asrin, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Scot Marciel, Deputy Assistant Secretary of Defence for Strategy, DR. Daniel Y. Chiu, Commander, U.S. Marine Corps Forces Pacific, Letjen (USMC) Duane D. Thiessen.

Demikian Siaran Press Pusat Komunikasi Publik Kemhan




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia