Menhan: Bangsa Ini Memerlukan Aksi Nyata Dari Semua Umat Beragama

Rabu, 23 Mei 2012

cd6a2867fd98b5ae785f538eac4fe9b8Jakarta, Bangsa ini memerlukan aksi nyata dari semua umat beragama. Pemerintah memberikan ruang dan peluang yang sama bagi umat beragama di Indonesia untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan. Oleh karena itu, tradisi membangun disiplin diri sebagai modal utama membangun bangsa, hendaknya terus-menerus diubah dan digelorakan, sehingga mampu menjadi pribadi yang tangguh dalam mengisi pembangunan bangsa.

Demikian dikatakan Menteri Pertahanan (Menhan) RI Purnomo Yusgiantoro, dalam sambutannya pada acara Perayaan Dharma Santi Hari Raya Nyepi Saka Warsa 1934 Umat Hindu Kemhan dan TNI, di Gedung Pierre Tendean, Jakarta, Selasa (22/5).

Dalam rangkaian Hari Raya Nyepi, kata Menhan lebih lanjut dalam sambutannya, umat Hindu senantiasa mengadakan Dharma Santi atau Forum Simakerama atau silaturahmi sebagai wujud rasa syukur dalam menyongsong hari depan yang lebih baik. Dharma santi bagi umat Hindu, selain dapat meningkatkan kualitas keimanan dan bhakti atau ketakwaan, juga diharapkan mampu mewujudkan kedamaian dalam masyarakat, membangun keharmonisan dengan lingkungan alam dan menjalin hubungan dengan Tuhan Sang Pencipta Alam. Oleh karena itu, nilai rangkaian Perayaan Nyepi dengan melaksanakan Catur Brata Penyepian, membuktikan bahwa Dharma Santi sesungguhnya tetap relevan untuk dilaksanakan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sedangkan substansi dari Perayaan Hari Raya Nyepi menurut Menhan, mengajarkan umat Hindu untuk melakukan tiga hal penting, yakni memuliakan semua makhluk hidup, mengendalikan diri dan meningkatkan kesetiakawanan sosial. Memuliakan semua makhluk hidup atau Sarwa Butani, terkandung maksud untuk meningkatkan kualitas kerja, meningkatkan pengabdian pada keluarga, masyarakat serta bangsa dan negara. Di dalamnya juga mengandung makna bahwa umat manusia tidak boleh hanya  berpangku tangan. Melalui upacara memuliakan Sarwa Butani umat Hindu akan senantiasa bangkit, menyongsong hari esok yang lebih baik. Sarwa Butani menjadi pendorong untuk meningkatkan etos kerja dan meningkatkan kualitas hidup umat manusia.

Perayaan Hari Raya Nyepi Gabungan tahun 2012 ini, mengambil tema tema “Dilandasi Nilai Nyepi Saka Warsa 1934 dan Trikaya Parisuddha, Umat Hindu Kemhan dan TNI Berkomitmen Meningkatkan Pengabdian Kepada Bangsa, Negara dan Agama”, dan diikuti oleh seluruh umat Hindu di lingkungan Kementerian Pertahanan, Mabes TNI, Mabes Angkatan Darat, Laut dan Udara.

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia