ANGKATAN LAUT CHINA HARAPKAN PENINGKATAN KERJA SAMA

Jumat, 27 Juli 2012

Beijing, Angkatan Laut China mengharapkan peningkatan kerja sama dengan TNI Angkatan Laut di masa datang sebagai bagian dari kemitraan strategis yang telah dideklarasikan kedua pemimpin negara Indonesia-China pada April 2005.

“Indonesia dengan luas wilayah laut 2/3 dari wilayah daratnya, dan China dengan garis pantai mencapai 18 kilometer memiliki kepentingan yang sama untuk memelihara dan menjaga keamanan maritimnya,” kata Wakil Kepala Staf Angkatan Laut China Laksamana Madya Xu Hongmeng di Beijing, Kamis.

Berbicara saat menerima kunjungan kehormatan Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muda TNI Didit Herdiawan, ia mengatakan rencana “navy to navy talk” antara angkatan laut kedua negara menjadi tonggak penting bagi kedua negara untuk memperkokoh hubungan bilateral kedua negara, utamanya hubungan pertahanan keamanan, utamanya angkatan laut kedua pihak.

Dengan adanya ‘navy to navy talk’ antara angkatan laut kedua negara, diharapkan kerja sama angkatan laut antara Indonesia-China dapat ditingkatkan dan diperluas dari waktu ke waktu,” kata Xu Hongmeng.Ia menambahkan dengan kerja sama yang semakin luas, angkatan laut kedua negara dapat berkontribusi dalam mendukung keamanan maritim baik secara regional maupun internasional.

“Indonesia bagaimana pun memiliki peran penting dalam mewujudkan stabilitas kawasan regional dan internasional termasuk menyangkut keamanan maritim,” ujarnya.Saat ini kerja sama Angkatan Laut China dengan TNI Angkatan Laut baru sebatas pertukaran perwira sekolah staf dan komando.

“Dari para siswa perwira yang kami kirim ke Indonesia, mereka mendapat pengalaman yang banyak, sehingga kerja sama yang telah ada diharapkan dapat terus ditingkatkan dan diperluas,” kata Xu Hongmeng.Pada kesempatan itu, pihak Angkatan Laut China mengundang Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Soeparno untuk berkunjung ke China.

Menanggapi itu Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muda TNI Didit Herdiawan mengatakan pihaknya menyambut positif keinginan angkatan laut China dan akan terus bekerja sama dan memperluas bidang kerja sama yang ada.

“Kami juga akan terus melakukan kerja sama dengan angkatan laut China, dan kerja sama yang telah terjalin baik akan dapat ditingkatkan dan diperluas dan dapat dilakukan secara lebih nyata,” katanya.TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut China telah melakukan penjajakan untuk diadakannya ‘navy to navy talk’ sejak 2007.

Mulai Rabu (25/7) hingga hari ini, angkatan laut kedua negara bertemu untuk membahas “term of reference” dari ‘navy to navy talk’ yang akan dibangun TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut China.

Sumber  :   Antara




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia