Sosialisasi BPJS Kesehatan Di Balitbang Kemhan

Thursday, 9 October 2014

1412825949.jpg

Balitbang Kemhan – Jakarta, Guna mensosialisasikan program Pemerintah Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam hal ini BPJS Kesehatan,  Balitbang Kemhan mengadakan sosialisasi tentang BPJS Kesehatan yang dilaksanakan di Lantai V Gd. Ir. H. Djuanda Balitbang Kemhan pada hari Rabu (30 April 2014). Acara dipimpin langsung oleh Kabalitbang Kemhan dan dihadiri oleh seluruh anggota Balitbang Kemhan  dengan moderator Dra. Ernalem Bangun, M.A Kabagdatin Set Balitbang Kemhan dan pembicara Ibu Sudiyanti, S.Si, Apt  Kadep Pengelolaan Contact Centre BPJS Kesehatan.

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dan diawali dengan sambutan dari Kabalitbang Kemhan. Kabalitbang menjelaskan bahwa saat ini ada perubahan paradigma baru mengenai cara berobat yang dikelola melalui suatu sistem yang terorganisasi dan sesuai dengan sasaran nasional. Kabalitbang juga menghimbau seluruh anggota untuk menjaga kesehatan dan mendengarkan sosialisasi ini dengan sebaiknya agar apabila ada anggota yang sakit mengetahui  prosedur yang harus dijalani.

Usai sambutan dari Kabalitbang,  moderator mempersilahkan kepada pembicara untuk memaparkan materi sosialisasi  BPJS Kesehatan. Dalam paparan dijelaskan mengenai Jaminan Sosial Nasional terbagi menjadi dua yaitu Jaminan Kesehatan Nasional yang dikelola oleh BPJS Kesehatan dan Jaminan Ketenagakerjaan yang dikelola oleh Jamsostek yang didasari oleh UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional serta UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang meyebutkan  mulai  1 Januari 2014, PT. ASKES (Persero) menjadi BPJS Kesehatan.  Selain itu dijelaskan pula mengenai Peserta Jaminan Kesehatan, Iuran, Manfaat Pelayanan dan Sistem Pelayanan Kesehatan.

Selesai paparan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Melihat antusias dari seluruh anggota untuk bertanya, sesi tanya jawab dibagi menjadi 3 sesi. Dari sesi tanya jawab tersebut disimpulkan bahwa penyelenggaran BPJS Kesehatan masih banyak masalah dan pihak BPJS menerima saran untuk memperbaiki sistem penyelenggaraan BPJS Kesehatan di masa yang akan datang. Usai pembicara menjawab seluruh pertanyaan anggota, acara ditutup oleh moderator pada pukul 11.15 WIB. 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia