Pembinaan Rohani Islam Di Lingkungan Balitbang Kemhan

Thursday, 10 September 2015

1441863385.jpg

Balitbang – Jakarta, Balitbang Kemhan melaksanakan pembinaan rohani (Binroh) Islam di Rupatama Lt. 5 Gd. Ir. H. Djuanda pada hari Kamis (10/09/2015), sebagai penceramah yaitu Ustadz Zainal Fadjri dengan tema aktualisasi ibadah kurban dalam kehidupan sehari-hari. Acara tersebut dipimpin oleh Kabagum Set Balitbang Kemhan Kolonel Chb Achmad Agung Santosa, SE, M.Sc dan dihadiri oleh seluruh anggota Balitbang Kemhan.

Dalam ceramahnya dijelaskan bahwa dalam perjalanan hidup di dunia ini, kita akan menjumpai hari-hari yang Allah SWT berikan keutamaan di dalamnya, yaitu dengan dilipatgandakannya balasan amalan dengan pahala yang berlipat, tidak seperti hari-hari biasanya. Di antara hari-hari tersebut adalah sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Pada sepuluh hari yang pertama ini, kita juga disyariatkan untuk banyak berdzikir kepada Allah SWT, baik itu berupa ucapan takbir, tahmid, maupun tahlil. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam firman Allah SWT “Dan supaya mereka berdzikir menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan.” (Al-Hajj: 28)

Ustadz Zainal Fadjri menambahkan bahwa di antara bentuk ketaatan yang sangat besar keutamaannya dan sangat penting untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT adalah menyembelih hewan kurban untuk menguji kadar keimanan dan keikhlasan umat islam. Amalan ini merupakan sunnah Nabi Ibrahim AS dan Nabi kita Muhammad SAW. Maka seorang muslim yang memiliki kemampuan semestinya melaksanakan ibadah ini, yaitu menyembelih hewan kurban lebih afdhal dilakukan sendiri atau meminta orang lain yang mengetahui hukum dan cara penyembelihan yang syar’i. Setelah ceramah diberi kesempatan bertanya dan diakhiri dengan doa bersama.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia