Forum Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pertahanan (Forkom Litbanghan) Tahun 2015

Tuesday, 20 October 2015

1445396431.jpg

Jakarta (13/10/2015), Balitbang Kemhan menyelenggarakan Forum Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (Forkom Litbanghan) tahun 2015 dengan tema  Pengembangan Teknologi Satelit Untuk Kepentingan Pertahanan.  Forkom Litbanghan 2015 dimulai pada pukul 09.00 yang dibuka oleh Kabalitbang Kemhan, Dr. Ir. Anne Kusmayati, M.Sc dengan membacakan keynote speech Menteri Pertahanan, Berkaitan dengan posisi geografis, geostrategis dan geopolitis yang dimiliki oleh Indonesia maka kebutuhan akan perlindungan dan mempertahankan kepentingan terhadap bumi, laut dan ruang udara di atas Indonesia dalam lingkungan strategik global yang sangat dinamis mutlak dilakukan. Adanya Infiltrasi satelit asing terhadap pemantauan wilayah dan sumberdaya alam, pencurian ikan oleh kapal-kapal asing,  masalah perbatasan air blank spot area di kawasan timur Indonesia yang menyebabkan mudah masuknya pesawat-pesawat asing ke dalam wilayah Indonesia dan potensi masalah Hankam Nasional lainnya, telah memberikan gambaran betapa pentingnya kebutuhan akan teknologi keantariksaan khususnya Satelit bagi Pertahanan. Sesuai dengan Peraturan Presiden RI No. 97 Tahun 2015 tentang Kebijakan Umum Pertahanan Negara Tahun 2015-2019, salah satu Kebijakan Pembangunan Pertahanan Negara  adalah membangun teknologi serta sistem informasi dan komunikasi di  bidang Pertahanan yang diarahkan untuk meningkatkan kualitas sistem informasi Pertahanan. Acara dihadiri para pejabat di lingkungan Kemhan, Mabes TNI, TNI AD, TNI AL, TNI AU, LPK/LPNK, Perguruan Tinggi dan Industri.

Acara dilanjutkan dengan foto bersama perwakilan pejabat yang hadir, kemudian masuk pada acara pokok yaitu paparan dari Dirjen Pothan Kemhan tentang Kebijakan Pembangunan Satelit Pertahanan Dalam Rangka Pertahanan Negara dan paparan dari Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan tentang Kemandirian Satelit Pertahanan.

Setelah itu dilanjutkan dengan paparan tanggapan dari Asops Panglima TNI tentang Strategi Pertahanan Berbasis Satelit (NCW), paparan tanggapan dari Kapus Teknologi Satelit LAPAN tentang Penguasaan Teknologi Satelit di LAPAN saat ini, paparan tanggapan Dirjen Aplikasi dan Informatika Menkominfo tentang Kebijakan Nasional di Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta paparan tanggapan dari Dekan Fakultas Teknik Elektro ITB tentang Pengembangan Teknologi Satelit Pertahanan.

Dalam sambutan penutupan Forkom Litbang Pertahanan TA. 2015, Kabalitbang menyatakan bahwa dari hasil diskusi dapat disimpulkan kebutuhan pengembangan kemampuan dan pendayagunaan teknologi extraterestrial khususnya satelit merupakan keniscayaan yang harus segera dibangun.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia