PUSLITBANG ALPALHAN MELAKSANAKAN UJI RADAR PASIF TAHAP I – III DI LANUD SULAIMAN MARGAHAYU

Tuesday, 21 November 2017

500x300

Bandung, Jumat (17/11/2017). Balitbang Kemhan dan pejabat terkait dalam hal ini Puslitbang Alpalhan melaksanakan uji radar pasif di Lanud Sulaiman Margahayu Bandung, Jawa Barat. Kegiatan uji radar pasif ini disaksikan oleh Kabalitbang Kemhan Dr. Anne Kusmayati, Sekretaris Balitbang Kemhan Laksma TNI Ir. A.Budiharja Raden, Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani, para kabid dan personel yang terkait.

Kegiatan pelitbangan radar pasif dilaksanakan kerjasama antara Balitbang Kemhan dengan PT. LAPI ITB, di tahun 2017 ini membuat satu buah prototipe remote site dari radar pasif. Pengujian yang dilakukan adalah berupa proof of concept yaitu pembuktian bahwa sebuah remote site dari radar pasif sudah mampu menangkap sinyal dari target, baik itu berupa sinyal pantulan maupun sinyal langsung dari target dalam range frekuensi yang direncanakan. Diharapkan sinyal dari target tersebut sudah bisa menunjukan arah dan jarak target dari remote site.

Remote site juga sudah harus mampu membedakan sinyal yang berasal dari target dengan sinyal noise yang diterima dari lingkungan sekitarnya. Kemudian, remote site juga dilengkapi dengan display monitor untuk menampilkan sinyal tangkapan dan untuk kepentingan analisa sinyal serta untuk pengaturan konfigurasi sistem radar.

Sasaran akhir dari pembuatan prototipe radar pasif ini mampu mewujudkan kemandirian industri pertahanan, meningkatkan kemampuan pertahanan negara. Litbang pembuatan prototipe radar pasif merupakan salah satu langkah inovatif yang bernilai strategis dalam membangun penguasaan teknologi radar sehingga dengan adanya kegiatan ini dapat mengakselerasi kemampuan dan juga dapat memenuhi kebutuhan radar nasional di masa mendatang.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia