SEMINAR LITBANG STRATEGI PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALUR REL KERETA API DI WILAYAH PERBATASAN KALIMANTAN DALAM RANGKA MENDUKUNG PERTAHANAN NEGARA

Friday, 24 November 2017

500x300

Jakarta, Kamis ( 23/11/2017). Balitbang Kemhan dalam hal ini Puslitbang Strahan menyelenggarakan seminar “Litbang Strategi Pembangunan Infrastruktur Jalur Rel Kereta Api di Wilayah Perbatasan Kalimantan Dalam Rangka Mendukung Pertahanan Negara “ yang dilaksanakan di Rupatama Lantai V Gedung Ir. H. Djuanda Balitbang Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu, Jakarta Selatan. Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksma TNI Ir. Agus Rustandi, M.EngSc., MMDS., mewakili Kabalitbang Kemhan membuka seminar litbang tersebut dengan menghadirkan pembicara antara lain sebagai pemapar Kabid Wilneg Puslitbang Strahan Dra. Aries Setyani, M.Si., narasumber Kasubbag Ren Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Vonny Mahendri dan Srenum Mabes TNI Letkol Arh Endro Nurbantoro serta moderator Kabid SDM Puslitbang Sumdahan Dra. Ambar Pramudyanie, M.Si. Turut hadir di dalam seminar Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI Bambang Wijanarko, M.Si (Han), para pejabat di lingkungan Kemhan dan TNI, Kemen PUPR, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Universitas Pembangunan Nasional dan Universitas Bina Nusantara.

Dalam sambutannya Kabalitbang Kemhan menjelaskan, salah satu dari 9 agenda prioritas pembangunan nasional atau nawa cita adalah membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan serta pengembangan kawasan perbatasan. Kalimantan merupakan salah satu pulau yang berbatasan langsung dengan negara lain, yaitu Malaysia sehingga wilayah perbatasan kalimantan memiliki arti yang sangat penting baik secara ekonomi, geo politik dan pertahanan keamanan.

Kemudian beliau menambahkan, bahwa salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut pemerintah berencana membangun jaringan rel kereta api di wilayah Kalimantan dengan harapan akan membuka daerah terisolir, memudahkan akses ke wilayah lain di perbatasan dan membuka sentra-sentra ekonomi. Selain untuk meningkatkan perekonomian pembangunan jaringan rel kereta api di wilayah perbatasan Kalimantan, tentunya juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pertahanan negara khususnya dalam rangka mendukung tugas TNI.

Mengakhiri sambutan seminar, Kabalitbang Kemhan berharap agar nantinya ada masukan dan tanggapan baik dari narasumber maupun peserta seminar, sehingga dari hasil seminar tersebut dapat dijadikan bahan untuk tim di dalam penyempurnaan naskah hasil penelitian.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia