SEMINAR LITBANG KEBERADAAN ORGANISASI MASYARAKAT DALAM RANGKA MENDUKUNG PERTAHANAN NIRMILITER

Thursday, 30 November 2017

500x300

Jakarta, Selasa (28/11/2017). Puslitbang Strahan Balitbang Kemhan menyelenggarakan seminar Litbang Keberadaan Organisasi Masyarakat Dalam Rangka Mendukung Pertahanan Nirmiliter yang dilaksanakan di Rupatama Lantai V Gedung Ir. H. Djuanda Balitbang Kemhan, Jl. Jati No.1 Pondok Labu, Jakarta Selatan. Acara dihadiri oleh Kabid Wilneg Puslitbang Strahan Dra. Aries Setyani, M.Si, pejabat di lingkungan Kemhan dan TNI, POLDA Metro Jaya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Universitas Pembangunan Nasional dan Universitas Bina Nusantara. Sebagai pembicara dalam seminar dihadirkan antara lain penyaji Kabid Doksismet Puslitbang Strahan Kolonel Kav. Mushadi, narasumber Peneliti LIPI Bidang Kajian Pertahanan Keamanan Diandra Megaputri Mengko, S.I.P, M.Si(Han) dan Dekan Fisip UPN Veteran Jakarta Dr. Anter Venus, M.A, Coom serta moderator Kabid Lingstra Dr. Ernalem Bangun, M.A.

Kabid Wilneg Puslitbang Strahan Dra. Aries Setyani, M.Si. membuka seminar mewakili Kabalitbang Kemhan menyampaikan dalam sambutannya, bahwa ormas sebagai alat mobilisasi massa seharusnya dapat diberdayakan guna menangkal dan mendeteksi munculnya benih ancaman nirmiliter di Indonesia, seperti politisasi isu sara, berkembangnya politik identitas, berkembangnya paham-paham yang dapat mengancam ideologi negara pancasila dan pilar bangsa lainnya, tumbuhnya radikalisme, dan munculnya benih-benih yang mengancam pertahanan negara. Melihat kondisi tersebut, maka perlu dilakukan penelitian guna mendapatkan konsep yang diperlukan agar keberadaan ormas dapat diberdayakan dalam membangun sistem pertahanan negara khususnya pertahanan nirmiliter.

Mengakhiri sambutannya, beliau berharap agar seluruh peserta seminar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dalam mengatasi permasalahan tersebut sehingga tim litbang dapat menyerap pokok-pokok pikiran dan masukan yang akan disampaikan oleh para narasumber dan peserta seminar guna penyempurnaan hasil litbang.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia