UJI DINAMIS PROTOTIPE SLT DAN PROTOTIPE MANPADS TA. 2017

Monday, 4 December 2017

500x300

Lumajang, Rabu (29/11/2017). Senjata Lawan Tank (SLT) adalah senjata yang digunakan untuk menetralisir serangan tank. Sedangkan Man Portable Air Defence System (Manpads) adalah jenis roket atau peluru kendali yang dirancang ditembakkan dari darat untuk menghancurkan target di udara. Kedua senjata ini untuk versi kecil atau ringan dapat ditembakkan oleh satu orang menggunakan peluncur yang ditembakkan dari atas bahu sehingga disebut senjata panggul.

Balitbang Kemhan bekerja sama dengan PT Pindad (Persero) sedang melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan (litbang) pembuatan prototipe SLT dan prototipe Manpads. Kegiatan litbang telah melalui serangkaian uji statis prototipe SLT dan Manpads, maka selanjutnya dilaksanakan uji dinamis pada tanggal 29 November 2017 di Pantai Pandanwangi, Lumajang, Jawa Timur. Kegiatan uji dinamis prototipe SLT dan prototipe Manpads dihadiri oleh Kabalitbang Kemhan Dr. Anne Kusmayati, Sekretaris Balitbang Kemhan Laksma TNI Ir. A. Budiharja Raden, Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani, Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI Bambang Wijanarko, SE.,ST., M.Si.(Han), Para Kabid Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan, Pejabat dan Tim PT Pindad serta personel yang terkait.

Kegiatan diawali penjelasan singkat tentang uji dinamis prototipe SLT dan prototipe Manpads oleh Kepala Program dari PT Pindad. Kemudian pukul 10.00 dilaksanakan uji dinamis sesi pertama peluncuran prototipe Roket SLT sebanyak 8 buah dan semua roket SLT dapat diluncurkan dengan jarak jangkau terjauh +150 meter.

Pada pukul 13.00 dilaksanakan uji dinamis sesi kedua peluncuran prototipe Roket Manpads sebanyak 2 kali. Setelah itu dilakukan uji fragmentasi dari warhead Manpads yang bertujuan melihat karakteristik sebaran pecahan warhead dan daya tembusnya.

Roket Manpads tahap dua ini adalah design baru, hasil penyempurnaan tahap pertama. Demikian juga dengan propellantnya juga menggunakan komposisi baru yang belum pernah diuji sebelumnya dan ignitornya juga jenis baru, sehingga uji coba sekarang ini adalah dalam rangka mencari design roket, komposisi propellant dan jenis ignitor terbaik. Design roket cukup baik hanya komposisi propellant dan jenis ignitor yang masih perlu penyempurnaan.

Dari hasil uji dinamis prototipe SLT dan prototipe Manpads masih perlu dilakukan litbang selanjutnya untuk memperbaiki dan menyempurnakan kedua senjata tersebut. Sasaran dari litbang pembuatan prototipe SLT dan Manpads ini dalam rangka mewujudkan kemandirian industri pertahanan dan membangun kemampuan pertahanan negara. Selain itu dalam rangka memenuhi kebutuhan Alutsista TNI di masa yang akan datang.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia