SEMINAR LITBANG HASIL PENYELENGGARAAN PKBN DI DAERAH

Tuesday, 5 December 2017

500x300

Jakarta, Selasa (5/12/2017). Puslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan menyelenggarakan seminar “Litbang Hasil Penyelenggaraan PKBN di Daerah “ yang dilaksanakan di Rupatama Lantai V Gedung Ir. H. Djuanda Balitbang Kemhan, Jl. Jati No.1 Pondok Labu, Jakarta Selatan. Seminar dibuka oleh Kapuslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Ahmad Saefudin, SE.,MM., dan dihadiri pejabat di lingkungan Kemhan dan TNI, Universitas UPN Veteran Jakarta dan Universitas Bina Nusantara. Sebagai pembicara dalam seminar dihadirkan antara lain penyaji Kabid SDM Puslitbang Sumdahan Dra. Ambar Pramudyanie, M.Si., narasumber Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran Bandung Muradi, SS., M.Si., M.Sc., PhD. dan Dekan Fisip UPN Veteran Jakarta Dr. Anter Venus, M.A., Comm., serta moderator Peneliti Madya Puslitbang Sumdahan Kolonel Arh Munif Prasojo, S.IP.

Seminar diawali sambutan dari Kabalitbang Kemhan yang diwakili Kapuslitbang Sumdahan, beliau mengatakan sejak tanggal 19 Desember 2014 Presiden RI Ir. H. Joko Widodo telah mencanangkan program bela negara secara nasional sebagai salah satu upaya untuk menjamin tetap tegaknya NKRI. Kesadaran bela negara sangat dibutuhkan sesuai domain dan profesi masing-masing yang merupakan landasan kehidupan berbangsa dan bernegara untuk menghadapi dinamika ancaman global saat ini. Merespon kebijakan presiden tersebut beberapa Kementerian/Lembaga serta Dinas Daerah telah menyelenggarakan kegiatan bela negara dengan menggunakan metoda dan kurikulum/materi masing-masing Kementerian/Lembaga sesuai tugas pokok dan fungsi namun sampai saat ini penyelenggaraan PKBN belum pernah dievaluasi dari aspek kualitas maupun kuantitas untuk mengetahui efektifitas hasil penyelenggaraan PKBN.

Kemudian Kabalitbang menambahkan, dengan adanya Litbang ini diharapkan dapat menginformasikan potret penyelenggaraan PKBN dan dianalisis untuk mengetahui efektifitas tidaknya penyelenggaraan program tersebut serta dapat diketahuinya faktor-faktor yang mempengaruhi serta menyusun model penyelenggaraan yang lebih baik dan efektif untuk tahun mendatang. Seminar ini merupakan hasil dari penelitian yang telah dilakukan di beberapa tempat di wilayah Indonesia di antaranya Semarang, Bali dan Sorong guna mendapatkan saran untuk menyempurnakan naskah hasil Litbang.

Mengakhiri sambutan penutupan, beliau berharap segala jerih payah dan pemikiran yang tercurah selama berlangsungnya acara seminar ini dapat memberikan kontribusi dalam penyempurnaan naskah hasil Litbang sehingga dapat bermanfaat dalam rangka perumusan kebijakan PKBN pada penyelenggaraan yang akan datang. Tidak lupa beliau mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada narasumber, moderator, peserta seminar, serta tim Litbang yang telah menyampaikan gagasan, pendapat dan pemikirannya sebagai sumbangsih yang sangat berharga.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia