SEMINAR LITBANG ASESMEN KEMAMPUAN INDUSTRI DALAM NEGERI BIDANG RADAR

Wednesday, 6 December 2017

500x300

Jakarta, Rabu (06/12/2017). Balitbang Kemhan dalam hal ini Puslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan menyelenggarakan seminar Litbang Asesmen Kemampuan Industri Dalam Negeri Bidang Radar yang dilaksanakan di Rupatama Lantai V Gedung Ir. H. Djuanda Balitbang Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu, Jakarta Selatan. Acara dihadiri oleh Kapuslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Ahmad Saefudin, S.E., M.M., Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI Bambang Wijanarko, M.Si (Han), pejabat di lingkungan Kemhan dan TNI, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), PT. LEN, Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara. Hadir sebagai pembicara antara lain pemapar Kabid Sarpras Puslitbang Sumdahan Kolonel Arh Ridwan, S.Sos., narasumber Lektor Kepala ITB Dr. Ian Yosef Matheus Edward, MT., dan Peneliti Madya Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi LIPI Dr. Ir. Yuyu Wahyu, MT., serta moderator Peneliti Madya Puslitbang Sumdahan Kolonel Arh Munif Prasojo, S.IP.

Kegiatan seminar diawali sambutan dari Kabalitbang Kemhan yang diwakili oleh Kapuslitbang Sumdahan yang menyampaikan, bahwa Litbang Asesmen Kemampuan Industri dalam Negeri Bidang Radar ini merupakan program kerja Puslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan TA. 2017 yang bertujuan untuk mewujudkan salah satu dari 7 program nasional yaitu program kemandirian radar nasional. Asesmen ini diharapkan dapat diketahui secara pasti posisi potensi nasional bidang industri radar, sehingga dapat digunakan untuk menentukan strategi dan kebijakan dalam mewujudkan industri nasional bidang radar.

Kemudian Kabalitbang Kemhan menjelaskan, seminar ini dilaksanakan guna mendapatkan masukan untuk memperkaya sekaligus menyempurnakan naskah hasil litbang, sehingga rencana program kemandirian industri dalam negeri bidang radar yang dilaksanakan Kemhan yang melibatkan beberapa instansi terkait dapat berjalan dengan baik sesuai kebijakan pemerintah.

Mengakhiri sambutan penutupan seminar, Kabalitbang Kemhan menyampaikan bahwa gagasan dan pendapat yang telah diberikan narasumber dan peserta seminar serta beberapa point penting lainnya dapat menjadi bahan masukan dalam penyempurnaan baik terhadap naskah litbangnya maupun dalam rangka pelaksanaan program pada penyelenggaraan ke depannya. Tidak lupa beliau mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada narasumber, moderator dan undangan yang telah meluangkan waktunya dalam mengikuti acara seminar ini.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia