JAM PIMPINAN EVALUASI KEGIATAN TAHUN 2017

Wednesday, 27 December 2017

500x300

Balitbang, Jumat (22/12/2017). Pada akhir tahun anggaran 2017 Kabalitbang Kemhan Dr. Ir. Anne Kusmayati, M.Sc., mengisi jam pimpinan tentang evaluasi kegiatan Balitbang Kemhan tahun anggaran 2017 yang dilaksanakan di Rupatama Lantai V Gedung Ir. H. Djuanda Kantor Balitbang Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu Jakarta Selatan. Jam pimpinan dihadiri Kapuslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Ahmad Saefudin, S.E., M.M., Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani, Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI Bambang Wijanarko, S.T., M.Si (Han), Pejabat Eselon III dan IV serta anggota Balitbang Kemhan.

Kabalitbang menyampaikan secara normatif capaian program Balitbang Kemhan pada bulan Desember 2017 ada dua macam, yaitu capaian fisik rata-rata di atas 90% dan capaian serapan rata-rata di atas 92%. Kemudian menyampaikan evaluasi kinerja Balitbang Kemhan meliputi :

1. Sistem dan prosedur, yaitu perlu dikaji ulang prosedur dan mekanisme (prosmek) yang digunakan sampai saat ini. Prosmek Balitbang perlu disusun kembali disesuaikan kondisi kekinian. Kabalitbang menghendaki tahun 2018 sudah menggunakan prosmek yang baru.

2. Sistem Informasi sebagai sarana untuk publikasi program dan kegiatan Balitbang Kemhan, selain itu pembuatan aplikasi monitoring dan evaluasi (monev) Balitbang Kemhan sebagai sumber informasi dan pengawasan pelaksanaan program bagi pimpinan.

3. Sistem Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) oleh Itjen Kemhan akan menggunakan sistem baru yaitu Pre Audit, Current Audit dan Post Audit. Suatu budaya baru audit internal dengan melakukan “Audit dan Pembimbingan” terhadap satuan kerja (satker) yang diaudit.

Kabalitbang mengingatkan kembali Nilai Budaya PINTER sebagai landasan kerja, yaitu Profesionalisme (mampu bekerja secara profesional), Integritas (mengutamakan kepentingan organisasi), Team work (jangan ego sektoral), Excellent (berorientasi pada hasil kerja yang baik), Respect (menghormati atau respek terhadap orang lain). Penekanan Kabalitbang pada jam pimpinan antara lain:

1. Bangun dan tingkatkan kapabilitas peneliti sebagai ujung tombak kegiatan penelitian dan pengembangan.

2. Kegiatan Litbang yang baik dengan menciptakan inovasi, cara-cara yang baru dan terobosan baru serta memiliki integritas dan soliditas.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia