UJI FUNGSI PENGEMBANGAN PROTOTIPE RUDAL PETIR DI LANUD GORDA SERANG

Thursday, 28 December 2017

500x300

Serang, Kamis (28/12/2017). Balitbang Kemhan dalam hal ini yang terkait dengan Litbang alat peralatan pertahanan yaitu Puslitbang Alpalhan telah melaksanakan uji fungsi pengembangan prototipe rudal petir di Lanud Gorda Desa Lamaran Serang, Banten. Uji fungsi pengembangan prototipe rudal petir disaksikan oleh Kabid Matra Laut Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Kolonel Laut (KH) Ir. Indra Usmansyah, MM., Peneliti Madya Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Kolonel Kav. Anthonius Ady W.W., Perekayasa Madya Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Kolonel Inf Yan Namora, para pejabat di lingkungan TNI dan Kemhan, Dislitbangal, Dislitbangau, dan tim uji fungsi dari PT. Sari Bahari.

Kegiatan diawali sambutan oleh Kabid Matra Laut Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Kolonel Laut (KH) Ir. Indra Usmansyah, MM., pembacaan doa, dilanjutkan uji fungsi rudal petir dari tim PT. Sari Bahari dan terakhir evaluasi hasil pelaksanaan uji fungsi rudal petir. Pelaksanaan uji fungsi pengembangan prototipe rudal petir ini adalah hasil kerjasama antara Balitbang Kemhan dengan PT. Sari Bahari yang telah melaksanakan uji fungsi prototipe rudal petir yang ke-2. Dalam pelaksanaannya, uji fungsi rudal petir akan dilontarkan dengan platform peluncur dan mendarat dengan menggunakan jaring. Rudal petir ini adalah buatan dan dikembangkan di dalam negeri yang merupakan inovasi dan kemandirian industri pertahanan nasional.

Perlu diketahui bahwa untuk meningkatkan performance rudal petir tersebut telah dilakukan pengembangan diantaranya meningkatkan kecepatan yang diharapkan bisa mencapai 350 km/jam, jarak jangkauan sekitar 80 km, pengembangan sistem kontrol auto pilot dan seeker, pembuatan peluncur rudal serta pengembangan warhead. Scope of work dari pengembangan rudal petir ini dititikberatkan pada peningkatan kecepatan, jarak jangkau, sistem kontrol, dan uji fungsi. Dengan adanya target pengembangan tersebut maka terjadi perubahan air frame.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia