SOSIALIASI TENTANG APLIKASI KEMHAN CHAT DI BALITBANG KEMHAN

Monday, 8 January 2018

500x300

Jakarta, Senin (8/01/20108). Balitbang Kemhan mengadakan kegiatan sosialisasi tentang aplikasi Kemhan Chat yang dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai 3 Gedung Abdurahman Saleh Kantor Balitbang Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu Jakarta Selatan. Kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan oleh Pusdatin Kemhan sebagai satker yang bertugas menangani aplikasi Kemhan Chat dan memberikan serta mensosialisasikan informasi tentang cara penggunaan aplikasi tersebut. Kegiatan ini dibuka oleh Kabagdatin Set Balitbang Kemhan Kolonel Inf Fatih El Amin, S.IP., M.Si., dan dihadiri oleh para pejabat di lingkungan Kemhan dan TNI eselon 3 dan 4 serta tim Pusdatin Kemhan.

Perlu diketahui, bahwa penggunaan telepon genggam (HP) merupakan suatu keniscayaan yang digunakan secara luas oleh seluruh kalangan termasuk pejabat Kementerian Pertahanan. Dalam rangka mengamankan komunikasi telepon genggam dan mencegah terjadinya kebocoran informasi akibat penyadapan oleh pihak lain maka diperlukan sebuah sistem pengamanan pertukaran informasi melalui telepon genggam berupa secure messaging system (kemhan chat). Kemhan Chat merupakan aplikasi berbagi pesan, file data, gambar dan percakapan yang dibangun secara khusus untuk kalangan Kemhan dengan tingkat keamanan yang cukup tinggi dan terenkripsi. Secara umum fungsi kerja Kemhan Chat hampir sama seperti aplikasi chat pada umumnya (WhatApps, Telegram, Line, dll).

Beberapa hal yang menjadi aplikasi Kemhan Chat mempunyai tingkat keamanan cukup tinggi adalah lokasi server aplikasi Kemhan Chat ini berada di ruang data center Pusdatin Kemhan, telah memiliki 3 pilihan enkripsi, gambar dan berkas terenkripsi di server, serta admin tidak dapat melihat data Kemhan Chat di server.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia