UJI DINAMIS RUDAL PETIR I- 102 TAHAP II

Tuesday, 27 February 2018

WhatsApp Image 2018-02-27 at 13.26.49 - Copy

Lumajang, Selasa (27/02/2018). Balitbang Kemhan dalam hal ini yang terkait Puslitbang Alpalhan melaksanakan uji dinamis pengembangan prototipe rudal petir I-102 tahap II di Air Shoot Range Pandan Wangi, Lumajang. Uji dinamis pengembangan prototipe rudal petir I-102 tahap II disaksikan oleh Kabalitbang Kemhan Dr. Anne Kusmayati, Ses Balitbang Kemhan Laksamana Pertama TNI Ir. A. Budiharja Raden, Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigadir Jendral TNI Abdullah Sani, Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsekal Pertama TNI Bambang Wijanarko, S.T, S.E., M.Si.(Han), Kabag Datin Set Balitbang Kemhan Kolonel Inf Fatih El Amin, S.IP., M.Si., Kabid Matra Laut Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Kolonel Laut (KH) Ir. Indra Usmansyah, MM., Staf Koharmat TNI AU, Pusen Arhanud TNI AD, Sopsal, Disenlekal, Itjen Kemhan, para pejabat di lingkungan TNI dan Kemhan, serta tim uji coba dari PT. Sari Bahari Malang.

Pada hari Senin malam, tanggal 26 Februari 2018 diadakan paparan oleh pihak PT. Sari Bahari, selesai paparan dilanjutkan pengarahan oleh Kabalitbang Kemhan Dr. Anne Kusmayati, inti dari pengarahan Kabalitbang Kemhan. Pertama, penelitian ini memiliki urgensi dan relevansi yang sangat tinggi dengan fungsi litbang dan pertahanan dikaitkan pada sasaran kemandirian alutsista yang ingin dicapai. Kedua, timing dilakukannya penelitian ini juga tepat di saat pemerintah sedang mengembangkan kerjasama teknologi roket dengan berbagai pihak konsorsium. Dengan adanya rudal petir ini diharapkan menambah kemampuan dan penguasaan teknologi terhadap roket khususnya rudal.

Pelaksanaan uji dinamis pengembangan prototipe rudal petir ini adalah hasil kerjasama antara Balitbang Kemhan dengan PT. Sari Bahari. Uji dinamis lanjutan pada hari Selasa tanggal 27 Februari 2018 ini merupakan kelanjutan dari uji fungsi yang sudah dilakukan sebelumnya pada tanggal 27 – 28 desember 2017 di Binuang Serang Banten dengan hasil cukup optimal. Pada uji fungsi tersebut hanya bertujuan untuk mengetahui karakteristiknya terhadap kecepatan, jarak jangkau dan sistem auto pilot. Pada uji dinamis lanjutan saat ini bertujuan untuk pembuktian performa rudal petir untuk mencapai kemampuan yang sesungguhnya di lapangan. Uji dinamis lanjutan ini dilaksanakan guna mendapatkan masukan, sehingga rencana pembangunan dan pengembangan bidang industri teknologi roket dan rudal dapat berjalan dengan baik sesuai kebijakan pemerintah. Acara uji dinamis lanjutan yang dilaksanakan sekarang ini merupakan suatu upaya untuk mengurangi ketergantungan alutsista dari luar negeri.

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia