BIMBINGAN ROHANI ISLAM MENYAMBUT BULAN RAMADHAN DI LINGKUNGAN BALITBANG KEMHAN

Thursday, 24 May 2018

500X300

Jakarta, Kamis (24/05/2018). Balitbang Kemhan melaksanakan pembinaan rohani (binroh) agama islam yang dilaksanakan di Rupatama Lantai V Gedung Ir. H. Djuanda Kantor Balitbang Kemhan Jl. Jati No. 1 Pondok Labu Jakarta Selatan. “Mempersiapkan diri menyambut dan mengisi bulan Ramadhan untuk meraih derajat takwa agar memperoleh rahmat dan ampunan-Nya” merupakan tema yang diangkat oleh penceramah Ustadz Letkol Sus Ahmad Efi Mukafi, S.Ag., saat menyampaikan tausiahnya. Acara dihadiri oleh seluruh anggota Balitbang Kemhan.

Dalam tausiahnya, penceramah menyampaikan bahwa semua kegiatan dalam beribadah baik sholat, sodaqoh, puasa, haji dan ibadah apa saja harus didasari ilmu. Ibadah yang tidak didasari oleh ilmu akan mengurangi nilai dari ibadah itu sendiri. Melihat betapa pentingnya ilmu agama dalam kehidupan maka ilmu agama hendaknya ditanamkan sejak usia dini, terlebih lagi ketika menginjak usia remaja. Ilmu agama tercermin dari pribadi yang berprestasi dalam peningkatan mutu kehidupan tanpa berharap imbalan yang berlebihan.

Jadi dalam mengisi kegiatan di bulan Ramadhan ini, masukan ilmu agama sebanyak-banyaknya kepada anak-anak kita. Tidak jarang ilmu agama yang dirasakan kurang masuk logika menurut mereka, bahkan kadang-kadang mereka menjadi bimbang, terutama anak-anak yang mendapat didikan agama dengan cara yang memungkinkan mereka berpikir bebas dan boleh mengkritik. Peran orangtua dan keteguhannya mengajarkan ilmu agama dalam beribadah di bulan Ramadhan, serta memelihara nilai-nilai agama dalam hidupnya sehari-hari menolong remaja dari kebimbangan agama.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia