FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) LITBANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRATEGI DAN KEKUATAN PERTAHANAN DALAM LIMA TAHUN KE DEPAN

Thursday, 21 February 2019

Jakarta, Kamis (21/02/2019). Puslitbang Strahan Balitbang Kemhan melaksanakan kegiatan focus group discussion (FGD) tentang litbang faktor-faktor yang mempengaruhi strategi dan kekuatan pertahanan dalam lima tahun ke depan di ruang Rapat Lt. 1 Gedung H. Djuanda Balitbang Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu Jakarta Selatan. Kegiatan dipimpin oleh Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksma TNI Ir. Agus Rustandi, M.EngSc, MMDS., M.A., dan dihadiri pejabat di lingkungan Kemhan dan TNI, undangan serta anggota Puslitbang Strahan yang terkait. Sebagai pemapar adalah Peneliti Madya Puslitbang Strahan Balitbang Kemhan Kolonel Laut (KH) Ir. Bagus Puji Wahyono.

Kekayaan sumber daya alam Indonesia yang melimpah berpotensi  jadi sasaran pihak negara asing mengeksploitasi sumber daya alam tersebut. Dan ancaman multidimensional seperti terorisme dan radikalisme, perompakan dan pencurian sumber daya alam/mineral, peredaran narkoba, perang cyber dan intelijen, isu kawasan kebangkitan China yang tengah menantang hegemoni Amerika Serikat adalah beberapa faktor yang mengancam keutuhan wilayah NKRI  maupun yang dapat menciptakan instabilitas yang berdampak pada strategi dan kekuatan pertahanan dalam lima tahun ke depan menjadikan latar belakang dari penelitian ini.

Kegiatan FGD yang dilakukan dapat memberikan masukan dan serta informasi terkait data-data yang diperlukan di atas. Dengan FGD ini diharapkan akan memperoleh informasi mengenai faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi strategi  pertahanan Indonesia dan bagaimana penyusunan kekuatan pertahanan berdasarkan strategi yang disusun untuk lima tahun ke depan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia