KORPRI SUB UNIT BALITBANG KEMHAN MENYELENGGARAKAN SOSIALISASI ANTISIPASI KEBOHONGAN DI DUNIA MAYA

Wednesday, 6 March 2019

Jakarta, Rabu (06/03/2019). Korpri Sub Unit Balitbang Kemhan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi tentang antisipasi kebohongan di dunia maya bagi anggota Balitbang Kemhan yang dilaksanakan di Rupatama Lantai V Gedung Ir. H. Djuanda kantor Balitbang Kemhan Jl. Jati No. 1 Pondok Labu Jakarta Selatan. Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh Ses Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani sekaligus membuka kegiatan mewakili Kabalitbang Kemhan, Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI Bambang Wijanarko, S.E., S.T., M.Si.(Han), Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Rosidin, M.Si.(Han), para pejabat Eselon III dan IV, serta seluruh anggota Balitbang Kemhan. Sebagai narasumber adalah Kasubdit Konflik Sosial Direktorat Analis BIN merangkap Wakil Ketua Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) Komisaris Besar Polisi Dr. Barito Mulyo Ratmono, SIk, M.Si., dan sebagai moderator Analis Pertahanan Negara Puslitbang Iptekhan Mistiani, S.Sos., M.M.

Kabalitbang Kemhan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Ses Balitbang Kemhan mengatakan, tujuan dari diadakannya sosialisasi ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perundan-undangan yang mengatur penggunaan media sosial yang sedang mewabah di tengah-tengah masyarakat kita. Media sosial dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan berita dan informasi dengan cepat dan masif, namun masifnya penyebaran berita dan informasi tersebut telah disalahgunakan untuk penyebaran berita dan informasi yang tidak bertanggungjawab, seperti berita hoax dan ujaran kebencian.

Dalam kesempatan tersebut, beliau mengapresiasi kegiatan ini mengingat besarnya manfaat bagi anggota Balitbang, oleh karena itu peserta yang hadir tidak hanya anggota Korpri saja tapi juga anggota TNI Balitbang Kemhan dengan harapan seluruh anggota Balitbang Kemhan dapat mengetahui dan memahami bahaya penyebaran berita bohong (hoax) serta ancaman undang-undang ITE bagi yang melanggar. Menyikapi kondisi nyata saat ini bahwa setiap anggota Balitbang Kemhan pasti menggunakan media sosial baik yang berupa whatsapp, facebook, twitter, instagram dan sebagainya, maka kami tegaskan perlunya pengetahuan dan pemahaman bagaimana menggunakan medsos secara bijaksana.

Mengakhiri sambutannya, Kabalitbang Kemhan mengharapkan seluruh peserta sosialisasi dapat memanfaatkan kesempatan yang sangat berharga ini dengan sebaik-baiknya, dan menyerap pokok-pokok pikiran yang disampaikan oleh narasumber sehingga dapat bermanfaat bagi pribadi, keluarga dan satuan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia