FORUM SINERGITAS LITBANG PERTAHANAN TAHUN 2019

Wednesday, 10 April 2019

Jakarta, Rabu (10/04/2019). Balitbang Kemhan menyelenggarakan Forum Sinergitas Litbang Pertahanan Tahun 2019 dengan tema ”Melalui Sinergitas Kita Tingkatkan Efisiensi Penyelenggaraan Litbanghan, yang dilaksanakan di Klub Eksekutif Persada Ruangan Bronco Jalan Raya Protokol Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Forum dihadiri oleh Kabalitbang Kemhan Dr. Anne Kusmayati, Ses Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani, Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksma TNI Ir. Agus Rustandi, M.EngSc, Kapuslitbang Sumdahan Brigjen TNI Martono, Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI Bambang Wijanarko, S.T., S.E., M.Si.(Han), Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Rosidin, Kadislitbangad Brigjen TNI Mulyo Aji, Sesdislitbangal Kolonel B.E. Palgunadi, S.T., M.A.P., Staf Dislitbangau Kolonel Lek Yoko Wasis, Kabagkorlitbang Set Balitbang Kemhan Kolonel Arm Budi Setyawan, para pejabat di lingkungan Balitbang Kemhan dan undangan.

Kabalitbang Kemhan dalam sambutannya mengatakan, bahwa forum ini dilaksanakan untuk menyikapi beberapa permasalahan dan isu-isu terkait dengan kegiatan litbang dibidang pertahanan yang menjadi tugas dan fungsi kita sekaligus meningkatkan kordinasi dan komunikasi diantara sesama insan litbang pertahanan. Dengan harapan akan terbangun sinergitas dan sinkronisasi dalam pelaksanaan kegiatan litbang sehingga apa yang menjadi isu banyaknya duplikasi dalam menyelenggarakan litbang dapat kita hindari dan tentunya sekaligus sebagai forum untuk menjalin silaturahmi. Forum ini sebagai forum untuk membangun satu visi satu misi litbanghan dalam mewujudkan kemandirian melalui peningkatan kolaborasi dan sinergisasi kegiatan litbang. Kami berkeyakinan dengan terbangunnya kolaborasi yang inten dapat mengakselerasi perwujudan kemandirian melalui kegiatan litbang.

Dalam forum ini sengaja kami mengagendakan pengintegrasian informasi Rengiat 2020 dan rancangan renstra dari masing-masing litbang sebagai upaya untuk sinkronisasi agar menghindari kegiatan duplikasi dan mencari upaya untuk menyikapi dengan membangun kegiatan terpadu ataupun membangun kegiatan yang bisa disinkronisasi sebagai satu kegiatan riset bersama. Dimana masalah ini menjadi trending topik pembahasan kegiatan litbang sekaligus meminimalisasi small many, yang pada akhirnya kita bisa mencapai efisiensi yang menjadi cita-cita dan harapan pada komunitas litbang.

Mengakhiri sambutannya, Kabalitbang Kemhan berterima kasih kepada undangan yang menyempatkan waktu untuk hadir pada acara forum ini. Saya berharap dengan penyelenggaraan Forum Sinergitas Litbang Pertahanan ini, institusi penelitian dan pengembangan khususnya di bidang pertahanan mampu menghasilkan prototipe yang siap di first article-kan dan dapat ditindaklanjuti oleh industri pertahanan dalam produk massal yang kompetitif dan bernilai ekonomis.

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia