FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) LITBANG PROTOTIPE UNMANNED SURFACES VEHICLE (USV) TAHAP I – II TA. 2019

Wednesday, 15 May 2019

Jakarta, Rabu (15/05/2019). Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan melaksanakan kegiatan focus group discussion (FGD) prototipe unmanned surfaces vehicle (USV) tahap I – II TA. 2019 di PT. Infoglobal Teknologi Semesta Surabaya. Kegiatan dipimpin oleh Kabid Matra Laut Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Kolonel Laut (KH) Ir. Indra Usmansyah, M.M., dan dihadiri oleh Kabagdatin Set Balitbang Kemhan Kolonel Inf Fatih El Amin, S.IP., M.Si., Dan KRI Satuan Penyapu Ranjau (Satran) Letkol Laut (P) Mufianto Machfud, Dan KRI satkor (STTAL) Mayor Laut (P) Sigit Suhartono, Mayor Wawan Kusdiana dan Mayor Laut Aris Tri Ika Rahmadi (Satban), perwakilan dari Dan Satfib Mayor I Made Suwardiyana, perwakilan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan tim PT. Infoglobal Teknologi Semesta.

Kegiatan litbang prototipe unmanned surfaces vehicle (USV) telah berlangsung sejak tanggal 13 – 17 Mei 2019 dan di hari ketiga dilakukan kegiatan FGD yang dihadiri para komandan KRI di wilayah Koarmada II Surabaya dan Komandan STTAL. Kerjasama litbang prototipe unmanned surfaces vehicle (USV) tahap I – II TA. 2019, merupakan pekerjaan berkelanjutan dari pekerjaan penelitian dan pengembangan USV tahun 2017 dan 2018 yang telah menghasilkan hasil kajian berupa desain rancang bangun wahana dan mission control system kapal permukaan air tanpa awak (Unmanned Surfaces Vehicle / USV).

Tahap kontruksi terhadap rancang bangun yang telah dibuat dimulai pada tahun 2019 hingga menghasilkan prototipe kapal permukaan air tanpa awak yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi dari user. Dilaksanakan kegiatan FGD untuk memperoleh data serta informasi dari berbagai pihak terkait mengenai kegiatan litbang prototipe unmanned surfaces vehicle (USV). Dan dengan FGD ini, diharapkan dapat menjadi sumbangan pemikiran bagi kepentingan litbang industri pertahanan, sehingga dapat menjadi bahan evaluasi dalam menentukan alutsista pertahanan pada masa yang akan datang.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia