UPACARA PERSEMAYAMAN DAN PEMAKAMAN ALMARHUM KOLONEL LAUT (KH) Ir. BAGUS PUJI

Monday, 15 July 2019

Jakarta, Senin (15/07/2019). Balitbang Kemhan melaksanakan upacara persemayaman dan pemakaman almarhum Kolonel Laut (KH) Ir. Bagus Puji di Taman Makam Bahagia, Ciledug. Pada upacara persemayaman yang berlangsung di rumah kediaman dipimpin oleh Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksma TNI Arif Harnanto, S.T., M.Eng., dan upacara pemakaman dipimpin oleh Ses Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani, dihadiri Kabalitbang Kemhan Dr. Anne Kusmayati, para pejabat Kemhan dan TNI, pasukan bersenjata dari Denma Mabesal serta anggota Balitbang Kemhan.

Pada upacara persemayaman di rumah duka, Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksma TNI Arif Harnanto, S.T., M.Eng., menyampaikan penghargaan serta ucapan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan baik moril maupun materiil sehingga upacara penghormatan terakhir kepada almarhum dapat berjalan dengan lancar. Dengan diserahkannya jenazah dari pihak keluarga kepada pemerintah maka untuk selanjutnya akan kami berangkatkan ke Taman Makam Bahagia Cileduk untuk dimakamkan secara militer.

Kemudian pada upacara pemakaman, Ses Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani menyampaikan bahwa upacara kebesaran ini dilaksanakan sebagai penghormatan dan penghargaan pemerintah atas jasa, dharma bhakti dan pengabdian almarhum kepada negara dan bangsa semasa hidupnya. Kepergian almarhum, yang kita cintai tentunya sungguh sangat menimbulkan rasa duka yang mendalam bagi kita semua, khususnya keluarga yang ditinggalkan. Oleh karena itu, sebagai umat beragama yang percaya kepada kekuasaan-Nya kita harus bisa menerima secara ikhlas karena kepergian almarhum adalah keputusan dan kehendak-Nya.

Mengakhiri amanatnya, Inspektur Upacara mengajak kepada hadirin untuk melapangkan dada dan memaafkannya karena kita menyadari bahwa almarhumah sebagai manusia biasa selama hidupnya tidak luput dari kekhilafan dan kealfaan, serta memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa semoga berkenan menerima amal ibadahnya dan arwahnya mendapat tempat yang layak disisi-Nya. Sejak acara pelepasan di kediaman sampai upacara pemakaman di taman makam bahagia berjalan tertib dan lancar serta pihak keluarga telah mengikhlaskan kepergian almarhum untuk selamanya.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia