UPACARA BENDERA MINGGUAN DI LINGKUNGAN SATKER PONDOK LABU

Monday, 22 July 2019

Jakarta, Senin (22/07/2019). Bertepatan dengan minggu bela negara, Balitbang Kemhan melaksanakan upacara bendera mingguan yang dilaksanakan di lapangan Balitbang Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu, Jakarta Selatan. Sebagai Inspektur Upacara adalah Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksma TNI Arif Harnanto, S.T., M.Eng., yang diwakili Kabid Doksismet Puslitbang Strahan Balitbang Kemhan Kolonel Tek Basuki Rahmat P. Sianturi, M.B.A., dan peserta upacara seluruh anggota satker dan subsatker Kemhan di wilayah Pondok Labu serta siswa Badiklat Kemhan.

Dalam amanatnya Irup menyampaikan kegiatan Pusat Penelitian dan Pengembangan Strategi Pertahanan (Puslitbang Strahan) Balitbang Kemhan mempunyai tugas untuk melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang strategi pertahanan yang meliputi bidang lingkungan strategi, doktrin, sistem dan metoda, serta wilayah negara.

Sesuai dengan tupoksi tersebut, Puslitbang Strahan Balitbang Kemhan pada tahun anggaran 2019 melaksanakan program kegiatan yang meliputi :

  • Litbang faktor-faktor yang mempengaruhi strategi kekuatan pertahanan dalam lima tahun kedepan

  • Litbang konsep diplomasi pertahanan dalam mengantisipasi perkembangan politik dunia lima tahun kedepan

  • Litbang tugas-tugas TNI yang strategis pada lima tahun kedepan

  • Litbang prediksi ancaman terhadap NKRI dalam lima tahun kedepan

  • Litbang penataan wilayah pertahanan untuk mendukung operasi gabungan di wilayah Indonesia timur, dan

  • Litbang dampak pertambahan penduduk terhadap pertahanan negara dalam lima tahun kedepan.

Kemudian dalam kesempatan tersebut, Irup menjelaskan bahwa kita telah memasuki bulan Juli yaitu bulan pertama triwulan II program kerja TA. 2019. Untuk itu semua kegiatan pada triwulan II, benar-benar dicermati dan dapat menjadi pedoman dalam pelaksanaan kegiatan agar selesai tepat waktu. Mengingat mulai tahun anggaran 2019 Kemhan menerapkan mekanisme DIPA sebagai otorisasi program dan anggaran, oleh karena itu mari kita berupaya untuk segera menyesuaikan dengan mekanisme baru tersebut, sehingga pada akhirnya pelaksanaan program dan anggaran yang sesuai dengan perencanaan dapat tercapai.

Mengakhiri amanatnya, Inspektur Upacara mengingatkan kembali tentang pentingnya motivasi dalam melaksanakan tugas agar terlaksana dengan tepat dan cermat. Tegakkan tertib administrasi dan prosedur kerja, sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku, serta hindari kegiatan yang menyimpang agar tidak menjadi masalah di kemudian hari, tanamkan sikap mental yang jujur, profesional dan bertanggung jawab dalam setiap pelaksanaan tugas.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia