SUPERVISI TEKNIS UNMANNED SURFACE VEHICLE (USV) TA. 2019 DI SURABAYA

Wednesday, 4 September 2019

Surabaya, Senin (02-09-2019) Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan menyelenggarakan supervisi teknis Unmanned Surface Vehicle (USV) sebagai pengembangan teknologi dalam mendukung operasi maritim yang dilaksanakan di PT. Infoglobal Teknologi Semesta, Surabaya Jawa Timur. Acara dibuka oleh Kabalitbang Kemhan yang diwakili oleh Kabid Matra Laut Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Kolonel Laut (E) Aab Abdul Wahab, S.T., M.T., dan dihadiri staf Balitbang Kemhan, serta staf PT. Infoglobal Teknologi Semesta. Sebagai pendamping adalah Kolonel Chb Achmad Agung Santosa, S.E., M.Sc., dan Peneliti Madya Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Letkol Laut (KH) Ir. Mochamad Faisol L., M.Eng.

Litbang Unmanned Surface Vehicle tahap I-II TA. 2019 merupakan program kelanjutan sebelumnya yang dimulai pada tahun 2017 yang dilaksanakan oleh Puslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan hingga tahun 2018. Pada tahun 2017 telah dimulai kajian Unmanned Surface Vehicle untuk mendapatkan rancang bangun kemampuan dasar berupa bentuk wahana, monitoring situasi, pengendalian gerak dan data link. Kemudian pada 2018, output litbang berupa realisasi penyempurnaan rancang bangun dan modelling mencakup kemampuan dasar untuk kebutuhan pengawasan atas permukaan air.

Kegiatan supervisi teknis litbang tahun 2019 ini adalah untuk mewujudkan prototipe USV pada mission system, control station (kendali), dan communication system. Pada tahap kedua ini direncanakan akan terwujud prototipe USV berupa platform sesuai desain yang terintegrasi dengan mission system, control station dan communication system. Adapun spesifikasi USV yang direncanakan adalah panjang 11,5 M, lebar 4,40 M, berat maksimal 6.500 Kg, speed max 20 knots, payload 1000 Kg, dan radius komunikasi maksimal 25 Km disertai kemampuan obstacle.

Akan dilaksanakan uji environmental terhadap mission system USV yang terdiri dari:

  • Uji panas

  • Uji dingin

  • Uji radiated emissions

  • Uji conducted smissions

  • Uji vibrasi

  • Uji G-shock

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia