BIMBINGAN ROHANI ISLAM DI LINGKUNGAN BALITBANG KEMHAN

Thursday, 26 September 2019

Jakarta, Kamis (26/09/2019). Balitbang Kemhan melaksanakan pembinaan rohani (binroh) agama Islam yang dilaksanakan di Rupatama Lantai V Ged. H. Djuanda kantor Balitbang Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu, Jakarta Selatan pada pukul 08.00 WIB. “Tahun Baru Islam sebagai perubahan diri bagi kebaikan lingkungan“ merupakan tema yang diangkat oleh penceramah Ustadz H. Muadi, S.Ag., saat menyampaikan tausiahnya. Kegiatan dihadiri oleh seluruh anggota Balitbang Kemhan.

Dalam tausiahnya, Ustadz menyampaikan pemaknaan bulan Muharam berawal dari peristiwa hijrah dilakukan sebagai strategi dakwah dan menanggapi situasi dan kondisi yang tidak kondusif pada masyarakat Mekah. Hijrah sendiri diartikan sebagai perjuangan meninggalkan hal-hal buruk ke arah yang lebih baik. Dan kini peristiwa hijrah diartikan sebagai pembelajaran nilai kebaikan untuk diri sendiri, seperti berani meninggalkan sesuatu yang buruk serta merugikan diri sendiri dan beralih pada sesuatu yang baik khususnya pada lingkungan dimana kita berada.

Perlu diingat, kita beramal ibadah harus mempunyai ilmu, karena ibadah yang tidak disertai ilmu akan menjadi sia-sia. Membersihkan lingkungan rumah, apel pagi, mengerjakan pekerjaan kantor, pulang kantor tidak mendahului orang lain dan menjaga hubungan dengan rekan kerja, ini merupakan contoh kebaikan bagi lingkungan. Lingkungan, termasuk teman bergaul, sangat berperan aktif memberi warna agama seseorang. Teman yang memiliki pemahaman dan amalan agama yang baik akan memberi pengaruh yang baik pada seseorang yang berteman dengannya. Sebaliknya, teman yang buruk akan memberi warna tidak baik pada diri seseorang. Keselamatan agamanya akan terancam, dan dirinya bisa jatuh tersungkur ke lembah kehinaan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia