FGD LITBANG KESIAPAN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENDUKUNG KAWASAN INDUSTRI PERTAHANAN DI PROVINSI LAMPUNG

Friday, 27 September 2019

Lampung, Jumat (27/09/2019). Puslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Litbang Kesiapan Sarana dan Prasarana untuk Mendukung Industri Pertahanan di Provinsi Lampung pada tanggal 23 s.d. 27 September 2019 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Makorem 043/Gatam Lampung. Dihadiri oleh Kolonel Inf A. Setya Hari, S.H., Kolonel Inf Budi Setiawan, Danrem 043/Gatam Kolonel Inf Taufiq Hanafi, Danlanal Lampung Kolonel Laut (P) Albertus Agung Priyo S., Shipbuilding Senior Manager Abri Gunarso A.L.L., Wakil Direktur PT. Daya Radar Utama Lukman Idris Tambunan, Senior Manager Vivee Ic Ship Priyo H., Staf PT. Pelindo Pujo Putranto dan Eko Ari Wibowo.

Dalam FGD tersebut Kolonel Inf A. Setya Hari, S.H., menyampaikan bahwa pembangunan industri merupakan salah satu pilar utama pembangunan perekonomian nasional, yang diarahkan dengan menerapkan prinsip-prinsip pembangunan industri yang berkelanjutan yang didasarkan pada aspek pembangunan ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan hidup. Saat ini pembangunan industri sedang dihadapkan pada persaingan global yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan industri nasional.

Lebih lanjut beliau menjelaskan, peningkatan daya saing industri merupakan salah satu pilihan yang harus dilakukan agar produk industri nasional mampu bersaing di dalam negeri maupun luar negeri. Langkah-langkah dalam rangka peningkatan daya saing dan daya tarik investasi yakni terciptanya iklim usaha yang kondusif, efisiensi, kepastian hukum, dan pemberian fasilitas fiskal serta kemudahan lain dalam kegiatan usaha industri, yang antara lain dengan tersedianya lokasi industri yang memadai berupa kawasan industri.

“Pembangunan kawasan industri merupakan upaya untuk mengembangkan industri yang berwawasan lingkungan serta memberikan kemudahan dan daya tarik bagi investasi dengan pendekatan konsep efisiensi, tata ruang, dan lingkungan hidup, sehingga dapat mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan berdaya saing, menyebar dan merata ke seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta berkesinambungan.” ucap beliau.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia