UJI FUNGSI RANCANG BANGUN COMBAT SWIMMER VEHICLE (CSV)

Monday, 30 September 2019

Padalarang, Senin (30/09/2019). Balitbang kemhan dalam hal ini Puslitbang Iptekhan melaksanakan uji fungsi Rancang Bangun Combat Swimmer Vehicle (CSV) di Danau Veneu Ski Air Cipeundeuy Padalarang Bandung, Jawa Barat. Uji fungsi Rancang Bangun Combat Swimmer Vehicle disaksikan oleh Kabalitbang Kemhan Dr. Anne Kusmayati, Ses Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani, Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI Bambang Wijanarko, S.E., S.T., M.Si. (Han), Kabid Dager Puslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Kolonel Inf Yan Namora, para pejabat Kemhan dan tim uji fungsi dari PT. Robo Marine serta personel yang terkait.

Kegiatan diawali sambutan dari Dirut PT. Robo Marine Bapak Nico Prayogo, S.T., M.T., dilanjutkan paparan oleh Ibu Zainul Walidatish S, S.T., sebagai Project Manager PT. Robo Marine dan selanjutnya sambutan oleh Kabalitbang Kemhan Dr. Anne Kusmayati, pembacaan doa, dilanjutkan uji fungsi Rancang Bangun Combat Swimmer Vehicle (CSV) dari tim PT. Robo Marine dan terakhir evaluasi hasil pelaksanaan uji fungsi tersebut. Pelaksanaan uji fungsi Rancang Bangun Combat Swimmer Vehicle (CSV) ini adalah hasil kerjasama antara Balitbang Kemhan dengan PT. Robo Marine Indonesia.

Uji fungsi ini dilaksanakan untuk mengetahui karakteristik sistem control dan manuver wahana Combat Swimmer Vehicle (CSV), merupakan tahap I dari rencana III tahap pelaksanaan dari tahun 2019 hingga 2021. Combat Swimmer Vehicle (CSV) adalah kendaraan taktis yang berfungsi sebagai kendaraan bantu penyelam pasukan katak TNI AL dalam melakukan infiltrasi ke dalam daerah musuh dan dapat juga digunakan sebagai surveylence. Kendaraan ini dapat digunakan di atas permukaan air, setelah menyelam dan ke dalam air.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia