SEMINAR LITBANG DAMPAK PERTUMBUHAN PENDUDUK TERHADAP PERTAHANAN NEGARA DALAM LIMA TAHUN KE DEPAN

Wednesday, 6 November 2019

Jakarta, Rabu (06/11/2019). Puslitbang Strahan Balitbang Kemhan menyelenggarakan seminar litbang dampak pertumbuhan penduduk terhadap pertahanan negara dalam lima tahun ke depan yang dilaksanakan di Rupatama Lantai V Gedung Ir. H. Djuanda Balitbang Kemhan, Jl. Jati No.1 Pondok Labu, Jakarta Selatan. Seminar dihadiri oleh Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksma TNI Arif Harnanto, S.T., M.Eng, sekaligus membuka seminar mewakili Kabalitbang Kemhan, para pejabat di lingkungan Balitbang Kemhan dan undangan. Sebagai narasumber adalah Dosen Fakultas Strategi Pertahanan Universitas Pertahanan Mayjen TNI (Mar/Purn) Dr. Ir. Syaiful Anwar, M.Bus, MA., Kepala Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Turro S. Wongkaren, Ph.D., Peneliti Ahli Muda Puslitbang Strahan Balitbang Kemhan PNS Daryono, S.Pd., M.M., serta moderator Kabid Lingstra Puslitbang Strahan Balitbang Kemhan Dr. Ernalem Bangun.

Kabalitbang Kemhan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kapuslitbang Strahan mengatakan, Indonesia adalah negara yang mempunyai jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, setelah Cina, India, dan Amerika. Penduduk yang besar di suatu negara, merupakan salah satu modal pembangunan. Namun di sisi lain, penduduk yang besar bisa menjadi beban pemerintah, apabila tidak disiapkan dengan baik, karena setiap jiwa akan membutuhkan kebutuhan hidup, seperti pangan, papan, air, penyediaan sarana dan prasarana serta lapangan kerja. Namun jika sebaliknya, akan terjadi bencana demografi yang akan membuat orang-orang di usia produktif menjadi pengangguran dan kemiskinan akan meningkat, sehingga jika tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan pengangguran masal dan menambah beban negara.

Lebih lanjut Kabalitbang menambahkan, bahwa dampak dari semua itu pada akhirnya akan meningkatkan kriminalitas dan mengancam keamanan dalam negara, yang pada akhirnya akan memperlemah sistem pertahanan negara. Dengan demikian apabila pertambahan penduduk diikuti oleh kualitas sumber daya manusia dan penyebaran penduduk yang merata, maka akan memperkuat sistem pertahanan negara, sebaliknya apabila pertambahan penduduk diikuti oleh kualitas sumber daya manusia yang kurang dan penyebaran penduduk yang tidak merata akan mengakibatkan terjadinya konflik sosial, pengangguran yang tinggi, daya saing yang rendah, kemiskinan, dan kriminalitas yang berimplikasi terhadap melemahnya pertahanan negara.

Mengakhiri sambutannya, Kabalitbang Kemhan mengucapkan terima kasih dan penghargaan sedalam-dalamnya kepada narasumber, moderator dan undangan yang telah meluangkan waktunya demi kepentingan bangsa dan negara. Diharapkan dalam pelaksanaan seminar ini dapat berlangsung dengan tertib dan lancar, sesuai dengan harapan kita bersama.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia