UJI DINAMIS MISSION SYSTEM UNMANNED SURFACE VEHICLE (USV) TAHAP I-II TA. 2019

Thursday, 7 November 2019

Surabaya, Kamis (07/11/2019). Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan melaksanakan uji dinamis Mission System Unmanned Surface Vehicle (USV) tahap I-II di Pelabuhan Pelindo III (North Quai), Surabaya. Uji dinamis Mission System Unmanned Surface Vehicle (USV) tahap I-II disaksikan oleh Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Rosidin, M.Si (Han), M.Sc., Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksma TNI Arif Harnanto, S.T., M.Eng., Kabag Datin Set Balitbang Kemhan Kolonel Inf Fatih El Amin, S.IP., M.Si., Kabid Matra Laut Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Kolonel Laut (E) Aab Abdul Wahab, S.T., M.T., Kolonel Laut (E) Ir. Irfan Akhsan dari Koarmada II, para pejabat di lingkungan Kemhan, serta tim uji coba dari PT. Infoglobal Tekonologi Semesta.

Uji coba diawali sambutan oleh Direktur Marketing PT. Infoglobal Teknologi Semesta Bapak Tomi Dwinanto, dilanjutkan sambutan oleh Kabalitbang Kemhan yang diwakili oleh Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksma TNI Arif Harnanto, S.T., M.Eng., kemudian pembacaan doa dan pelaksanaan uji coba. Litbang Unmanned Surface Vehicle (USV) tahap I-II TA. 2019 merupakan program litbang yang bekerjasama dengan PT. Infoglobal Teknologi Semesta, yang sebelumnya program ini dilaksanakan oleh Puslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan dengan output rancang bangun di tahun 2018.

Unmanned Surface Vehicle (USV) merupakan wahana/kapal yang beroperasi di permukaan air tanpa awak. USV menjadi alternatif solusi dalam operasi di perairan dalam mendukung kegiatan dalam bidang militer dan non militer. Dengan kemampuan jelajah (saat ini) sejauh 15 km dan akan terus ditingkatkan, serta kemampuan autopilot menjadikan USV sebagai solusi alternatif dalam pengamanan wilayah laut Indonesia. USV diwujudkan melalui beberapa tahapan, secara umum penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian sebelumnya, dan tujuan/hasil dari uji coba ini meliputi:

  • Konstruksi perangkat mission system untuk USV.

  • Konstruksi sistem kendali USV (Remote System).

  • Konstruksi sistem komunikasi USV (Communication System).

  • Pengujian perangkat mission system, termasuk fungsi autopilot meliputi detection dan obstacle avoidance.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia