SEMINAR LITBANG DAMPAK EKSPLOITASI PERTAMBANGAN OLEH ASING TERHADAP PERTAHANAN NEGARA

Thursday, 14 November 2019

Jakarta, Kamis (14/11/2019). Puslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan menyelenggarakan seminar Litbang Dampak Eksploitasi Pertambangan oleh Asing Terhadap Pertahanan Negara yang dilaksanakan di Rupatama Lantai 5 Gedung Ir. H. Djuanda Balitbang Kemhan, Jl. Jati No.1 Pondok Labu, Jakarta Selatan. Seminar dihadiri oleh Kapuslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Martono, sekaligus membuka seminar mewakili Kabalitbang Kemhan, para pejabat di lingkungan Balitbang Kemhan dan undangan. Sebagai narasumber adalah Bapak Indra Yuspiar, SE, Ak., M.AK. dari Kementerian ESDM dan Bapak Solihin, ST., M.Eng, Ph.D., dan Asistensi Bidlitbang Balitbang Kemhan Bapak Dr. Ir. Achmad Farid Wadjdi, MM, serta moderator Analis Pertahanan Negara Madya Puslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan Ibu Tati Herlia, S.IP., MM.

Kabalitbang Kemhan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kapuslitbang Sumdahan mengatakan, Melimpahnya sumber daya alam yang dimiliki Indonesia yang menurut data Indonesia Mining Assosiation (IMA) Indonesia adalah peringkat 6 terbesar di dunia, sudah semestinya kekayaan tersebut dapat menjadi salah satu sumber pendapatan negara utnuk dapat mensejahterakan masyarakat Indonesia. Ketersediaan sumber daya alam yang melimpah tersebut juga telah menarik minat para investor baik domestik maupun asing untuk melakukan penambangan yang membawa serta teknologi dan tenaga kerja terlatih dan hal itu adalah sesuatu yang sangat positif apabila penambangan dapat dilakukan dengan tepat dan profesional dengan tetap memperhatikan keseimbangan alam dan lingkungan.

Kehadiran kegiatan tambang telah melahirkan dampak multi efek baik yang bersifat positif maupun negatif yang terkait dengan masalah lingkungan, sosial, budaya, kelestarian alam serta pertahanan dan keamanan negara.

Mengakhiri sambutannya, Kabalitbang Kemhan mengucapkan terima kasih dan mengharapkan partisipasinya kepada para peserta seminar sehingga nantinya dapat menghasilkan produk yang berkualitas serta dapat dipertanggung jawabkan secara akademik, smoga dalam pelaksanaan seminar ini dapat berlangsung dengan tertib dan lancar, sesuai dengan harapan kita bersama.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia