SEMINAR LITBANG PENGEMBANGAN PROTOTIPE KENDARAAN PELUNCUR ROKET R-HAN 122B TAHAP II-II

Tuesday, 26 November 2019

Jakarta, Selasa (26/11/2019). Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan menyelenggarakan seminar litbang pengembangan prototipe kendaraan peluncur roket R-Han 122B tahap II – II dengan tema “Melalui Penelitian dan Pengembangan Prototipe Kendaraan Peluncur Roket R-Han 122B Tahap II – II TA. 2019, Kita Tingkatkan Kemampuan Industri Pertahanan Nasional Dalam Rangka Mewujudkan Kemandirian Alutsista TNI”, yang dilaksanakan di Rupatama Lantai V Gedung Ir. H. Djuanda Balitbang Kemhan, Jl. Jati No.1 Pondok Labu Jakarta Selatan. Seminar dihadiri oleh Kabalitbang Kemhan Dr. Anne Kusmayati, sekaligus membuka kegiatan tersebut, Staf Ahli Bidang Politik Kemhan Laksda TNI Ir. A. Budiharja Raden, Ses Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani, Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI Bambang Wijanarko, S.E., S.T., M.Si (Han), Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Rosidin, M.Si (Han), M.Sc., Kabid Matra Darat Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Kolonel Kav R. Herdianto Nuringtyas, S.Sos., Kabagdatin Set Balitbang Kemhan Kolonel Inf Fatih El Amin, S.IP., M.Si., para pamen Itjen Kemhan, Ditpalad, Dislitbangad, Dislitbangal, Ditjen Kuathan Kemhan, Ops Marinir, Universitas Pertahanan, dan dari industri pertahanan PT. Dahana (Persero), PT. Delima Jaya Karoseri, PT. Smarta Aero Sishan, serta para pejabat di lingkungan Balitbang Kemhan. Sebagai narasumber adalah Direktur PT. Smarta Aero Sishan Bpk. Rasyid Ridha, S.T., Engineering PT. Delima Jaya Karoseri Bpk. Hendri Prasetiyo, dan Peneliti Pertama Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan PNS Zainal Asiqin, S.T., serta moderator Analis Pertahanan Negara Madya Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Darmawan H.P., S.IP., M.Si.

Kabalitbang Kemhan dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pengembangan prototipe kendaraan peluncur roket R-Han 122B ini, dibuat dalam rangka mendukung program pengembangan roket nasional. Pada tahun 2019 ini yang dikembangkan upgrade sistem senjata dengan penambahan tabung peluncur sebanyak 22 unit sehingga total menjadi 40 tabung launcher. Selain itu upgrade sistem otomatisasi dengan mengintegrasikan software balistik kalkulator sehingga terhubung dengan Programable Logic Control (PLC) sebagai pengontrol utama dengan feedback sensor. Mekanisme pengisian roket ke peluncur didesain sedemikian rupa supaya dicapai waktu operasi yang lebih singkat.

Lebih lanjut Kabalitbang menambahkan, program pengembangan prototipe kendaraan peluncur roket R-Han 122B tahap II tahun 2019 ini adalah kerjasama Balitbang Kemhan dengan PT. Dahana (Persero), PT. Delima Jaya dan PT. Smarta Aero Sishan serta PT. Mekar Teknik. Pada pengembangan prototipe kendaraan peluncur roket R-Han 122B tahap II ini juga terdapat perubahan lainnya yaitu perubahan desain mekanik meliputi moncong kabin, interior dan eksterior serta mekanik dan konstruksi. Diharapkan dengan pengembangan ini nantinya dapat menghasilkan kendaraan peluncur yang dapat berfungsi dengan baik dan stabil, sesuai spesifikasi yang diharapkan tanpa adanya kesalahan dan kerusakan baik saat endurance maupun penembakan.

Mengakhiri sambutannya, Kabalitbang Kemhan mengucapkan terima kasih dan penghargaan sedalam-dalamnya kepada narasumber, moderator dan undangan yang telah meluangkan waktunya. Beliau berharap dalam pelaksanaan seminar ini dapat memberi masukan dan saran untuk meningkatkan penguasaan teknologi yang nantinya dapat berfungsi sebagai alutsista TNI yang handal serta dalam rangka ikut mengurangi ketergantungan import produk alutsista dari luar negeri.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia