BIMBINGAN ROHANI ISLAM DI LINGKUNGAN BALITBANG KEMHAN

Thursday, 28 November 2019

Jakarta, Kamis (28/11/2019). Balitbang Kemhan melaksanakan pembinaan rohani (binroh) agama Islam yang dilaksanakan di Rupatama Lantai V Ged. Ir. H. Djuanda kantor Balitbang Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu, Jakarta Selatan pada pukul 08.00 WIB. “Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Sebagai Momentum untuk Memperbaiki dan Meningkatkan Akhlak” merupakan tema yang diangkat oleh penceramah Ustadz Jetri Antoni, S.Sos., saat menyampaikan tausiahnya. Kegiatan pembinaan rohani dipimpin oleh Kabag Korlitbang Set Balitbang Kemhan Drs. Pujiantoro, M.M., dan dihadiri oleh seluruh anggota Balitbang Kemhan.

Dalam tausiahnya, Ustadz menyampaikan bahwa banyak anjuran yang diserukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada umat ini untuk memiliki akhlak yang baik. Karena memang akhlak yang baik memiliki banyak keutamaan dan pemiliknya pun banyak mendapat pujian. Tidak hanya kepada sesama makhluk, namun yang lebih utama adalah bagaimana manusia diperintah untuk memiliki akhlak yang baik kepada Allah, yaitu dengan tidak berbuat syirik dan menyerahkan ibadah semata hanya kepada-Nya.

Akhlak mulia merupakan salah satu pilar utama untuk tegaknya suatu bangsa. Ia pula yang menjadi perekat hubungan dalam kehidupan bermasyarakat. Bilamana pilar utama ini tidak lagi dijunjung tinggi oleh suatu bangsa, dengan sendirinya bangsa itu akan lenyap. Hubungan di tengah-tengah masyarakat menjadi retak dan kedamaian yang sebelumnya dirasakan oleh segala lapisan masyarakat menjadi sirna. Pada hakikatnya mencintai Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah wajib bagi setiap muslim dan tidak sempurna keimanannya sehingga dia menjadikan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam orang yang paling dicintainya, lebih dari dirinya sendiri, anak-anaknya, ibu bapaknya, atau bahkan seluruh manusia. Semua itu dibuktikan dengan menaatinya, melaksanakan segala perintahnya, menjauhi larangannya, serta membenarkan seluruh berita yang disampaikannya.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia