FORUM KOMUNIKASI LITBANG KE-30 TAHUN 2019

Wednesday, 4 December 2019

Jakarta (04/12/2019), Balitbang Kemhan menyelenggarakan Forum Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Ke-30 (Forkom Litbang) tahun 2019 dengan tema “Pemanfaatan Thorium Sebagai Alternatif Sumber Energi Untuk Kepentingan Pertahanan Negara”.  Forkom Litbang 2019 dimulai pada pukul 08.30 yang dibuka oleh Wakil Menteri Pertahanan Bapak Sakti Wahyu Trenggono sekaligus sebagai Keynote Speech pada acara Forkom Litbang tersebut. Acara Forkom Litbang juga dihadiri oleh Sekjen Kemhan Laksdya TNI Agus Setiadji, M.AP, Irjen Kemhan Lasdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., M.M., Kabalitbang Kemhan Dr. Anne Kusmayati, Dirjen Renhan Kemhan Marsda TNI Dody N. Tri Sunu, Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si, Kabaranahan Kemhan Mayjen TNI Budi Prijono, Kabadiklat Kemhan Laksdya Benny Riyanto R., M.Bus, Sahli Menhan Bid. Ekonomi Mayjen TNI Dessano Indrasakti, S.E., Sahli Ristek KKIP Bapak Marzan A. Iskandar, Sahli Menhan Bid. Keamanan Mayjen TNI Sunaryo, S.E., Sahli Menhan Bid. Sosial Bambang Eko Suharyanto, S.H., M.H., Ses Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani, Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Rosidin, M.Si (Han), M.Sc., Kapuslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Martono, Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksma TNI Arief Harnanto, S.T., M.Eng., para pejabat di lingkungan Kemhan dan undangan, sebagai pembicara adalah Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI Bambang Wijanarko, S.E., S.T., M.Si (Han), Komite Nasional Ekonomi dan Industri Bapak Bob S. Effendi, Direktur Bussiness Development PT. Timah Bapak Trenggono Sutiyoso, Peneliti Ahli Utama Batan Ir. Tagor Malem Sembiring, dan sebagai penanggap Bapak Bayu Alam Badrul (Sekretariat Kabinet), Bapak Dede Suntoro (Kementerian ESDM), Ibu Puspita Sari (Kemenko Maritim), Bapak Andang W. N. (F.T. UGM), Bapak Yusra (Bapeten), serta sebagai Moderator Adalah Asisten Profesor UI Ir. Chairul Hudaya, S.T., M.Eng, Ph.D., IPM.

Kegiatan diawali sambutan oleh Kabalitbang Kemhan Dr. Anne Kusmayati, selanjutnya Keynote Speech dan pernyataan pembukaan oleh Wamenhan Bapak Sakti Wahyu Trenggono, dilanjutkan paparan dan diskusi dari Kementerian dan Lembaga. Pada sambutannya Kabalitbang menyampaikan Dewasa ini current issue energi alternatif yang berkembang adalah adanya sumber listrik tenaga nuklir. Salah satu diantaranya Thorium. Thorium merupakan salah satu energi alternatif yang dapat digunakan untuk pembangkit tenaga listrik (pembangkit listrik tenaga thorium/PLTT). Dari pengolahan Thorium ini maka akan menghasilkan energi Uranium. Energi tenaga Thorium mudah didapatkan dan jumlahnya melimpah seperti halnya di wilayah Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Kemudian dalam kesempatan Forkom ini Kabalitbang Kemhan menyampaikan melalui Forkom ini Balitbang Kemhan berupaya untuk mencari terobosan inovasi Teknologi yang tepat terhadap pengembangan Thorium dengan tujuan untuk memperoleh masukan yang strategis terkait dengan sumber energi alternatif dimasa mendatang mengingat bahan bakar energi yang bersumber dari fosil semakin lama semakin langka dan cenderung habis.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia