UPACARA BENDERA MINGGUAN DI LINGKUNGAN SATKER PONDOK LABU

Monday, 10 February 2020

Jakarta, Senin (10/02/2020). Balitbang Kemhan melaksanakan upacara bendera mingguan yang dilaksanakan di lapangan Balitbang Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu, Jakarta Selatan. Sebagai Inspektur Upacara adalah Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksma TNI Arif Harnanto, S.T., M.Eng., dan peserta upacara seluruh anggota satker dan subsatker Kemhan di wilayah Pondok Labu serta siswa Badiklat Kemhan.

Dalam amanatnya Irup menyampaikan, upacara bendera merupakan salah satu upaya dalam menumbuhkan budi pekerti dan karakter bangsa terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan, Sedangkan upacara yang dilaksanakan secara bergiliran ini bertujuan untuk dapat bertukar informasi guna kelancaran tugas pokok kita. Selain itu juga sebagai sarana silahturahmi untuk meningkatkan keakraban, jiwa korsa dan loyalitas, sesuai dengan salah satu tujuan dari pelaksanaan upacara bendera gabungan ini, pada kesempatan ini Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan memberikan informasi bahwa Puslitbang Strahan Balitbang Kemhan pada tahun anggaran 2020 ini sedang dan akan melaksanakan program kegiatan yg meliputi :

  • Litbang analisa strategi pertahanan dalam menghadapi perkembangan politik negara-negara indo pasifik.

  • Litbang strategi pemberdayaan potensi maritim Indonesia dalam upaya mempertahankan kedaulatan dan keutuhan NKRI di wilayah Indonesia Barat.

  • Litbang pembangunan kekuatan Kogabwilhan di wilayah Indonesia bagian barat dihadapkan pada ancaman.

  • Litbang pembangunan kekuatan Kogabwilhan di wilayah Indonesia bagian timur dihadapkan pada ancaman.

  • Litbang penataan wilayah pertahanan dihadapkan pada kawasan rawan bencana, dan

  • Litbang analisa pertahanan wilayah dalam mengahadapi ancaman di papua.

Kemudian dalam kesempatan tersebut, Irup juga menyampaikan saat ini Kementerian Pertahanan sedang menjalankan program pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) dari tim Itjen Kemhan. Pengawasan merupakan salah satu fungsi manajemen dalam rangka mencegah terjadinya penyimpangan terhadap penyalahgunaan wewenang, SDM, anggaran dan pengelolahan barang milik negara menuju tercapainya sasaran pelaksanaan program kerja. Fungsi pengawasan ini memberi kontribusi penting dalam rangka tercapainya tugas pokok yang menganut transparansi dan akuntabilitas demi terwujudnya good govermance di lingkungan Kemhan, TNI dan angkatan.

Untuk itu Irup mengingatkan agar Satker/Subsatker yang menjadi objek Wasrik untuk mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut, dan benar-benar mencermati temuan-temuan serta menindaklanjuti dengan sungguh-sungguh agar perwujudan good govermance bagi Kementerian Pertahanan secara keseluruhan dapat tercapai.

Selain itu, di bulan Maret 2020 nanti, Kementerian Pertahanan akan mengadakan Pekan Olah Raga (POR) yang akan mempertandingkan beberapa cabang olah raga atau ketrampilan. Semangat kebersamaan harus tetap menjadi tujuan utama dalam POR Kemhan tahun ini, di samping semangat kebersamaan, sportifitas dan silahturahmi. Saya menghimbau agar seluruh personel yang terlibat di dalam POR ini dapat mempersiapkan diri dengan baik demi mendukung suksesnya POR Kemhan tahun ini.

Selanjutnya Irup juga menyampaikan bahwa saat ini seluruh dunia dikejutkan dengan kejadian berupa menyebarnya virus corona. Yang awal mulanya terjadi di wuhan, di propinsi hubei, china. Infeksi virus corona saat ini di china telah mencapai lebih dari 22 ribu kasus, dengan korban meninggal dunia di provinsi hubei sampai minggu lalu telah mencapai 618 orang. Virus ini juga telah terdeteksi menyebar ke luar dari china dengan total kematian akibat wabah virus corona di seluruh dunia mencapai 636 orang. Pemerintah diseluruh dunia bekerja keras untuk mengantisipasi meluasnya virus ini, termasuk pemerintah Indonesia.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia