SOSIALISASI REFORMASI BIROKRASI BALITBANG KEMHAN

Wednesday, 26 February 2020

Jakarta, Rabu (26/02/2020). Balitbang Kemhan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Reformasi Birokrasi Balitbang Kemhan yang dilaksanakan di Rupattama Lantai V Gedung Ir. H. Djuanda Balitbang Kemhan, Jl. Jati No.1 Pondok Labu, Jakarta Selatan. Acara dihadiri oleh Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI Bambang Wijanarko, S.E., S.T., M.Si (Han) sekaligus membuka kegiatan tersebut, para pejabat eselon III dan IV serta anggota Balitbang Kemhan. Sebagai Pembicara adalah Kabag Reformasi Birokrasi & Akin Roortala Setjen Kemhan Kolonel Arm Jati Bambang. P, S.IP, M.AP., dan sebagai moderator Kabagum Set Balitbang Kemhan Kolonel Inf FX. Giyono, SE.

Kabag Reformasi Birokrasi & Akin Roortala Setjen Kemhan Kolonel Arm Jati Bambang. P, S.IP, M.AP., menjelaskan upaya merevisi dan membangun berbagai regulasi, memodernkan berbagai kebijakan dan praktek manajemen pemerintah pusat dan daerah, dan menyesuaikan tugas fungsi instansi pemerintah dengan paradigma dan peran baru . Menata ulang proses birokrasi dari tingkat tertinggi hingga terendah dan melakukan terobosan baru dengan langkah-langkah bertahap, konkret, realistis, sungguh-sungguh, berfikir di luar kebiasaan/rutinitas yang ada, perubahan paradigma, dan dengan upaya luar biasa.

Lebih lanjut pada paparan ini Kabag Reformasi Birokrasi & Akin Roortala Setjen Kemhan menjelaskan permasalahan tentang keberhasilan dan kemungkinan tidak terlaksananya reformasi birokrasi. Sesuai dengan Pasal 9 ayat (1) PP 104 tahun 2018 tentang Tunkin bagi Pegawai Kemhan : “ Seluruh Pegawai di Lingkungan Kementerian pertahanan wajib melaksanakan agenda Reformasi Birokrasi sesuai dengan ketentuan peraturan per-UU”. Pasal 2 ayat (2) PP 104 tahun 2018 tentang Tunkin bagi Pegawai Kemhan . “ Tunjangan kinerja diberikan setelah mempertimbangkan penilaian reformasi birokrasi, capaian kinerja organisasi, dan capaian kinerja individu”. Pada akhir paparan, pembicara mengajak kepada seluruh jajaran pejabat dan staf Kementerian Pertahanan untuk memperbaiki aspek perencanaan kinerja serta memperbaiki pengukuran kinerja organisasi yg berorientasi hasil & smart.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia