FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) LITBANG EVALUASI KEBIJAKAN PERTAHANAN NEGARA TAHUN 2020

Wednesday, 1 July 2020

Jakarta, Selasa (30/06/2020). Puslitbang Strahan Balitbang Kemhan melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang Litbang evaluasi kebijakan pertahanan negara tahun 2020 di ruang Rapat Lt. V Gedung H. Djuanda Balitbang Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu Jakarta Selatan. Kegiatan dipimpin oleh Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksma TNI Arif Harnanto, ST, M.Eng dan dihadiri pejabat di lingkungan Kemhan dan TNI, undangan serta anggota Puslitbang Strahan yang terkait. Sebagai pemapar adalah Peneliti Madya Puslitbang Strahan Balitbang Kemhan Kolonel Inf R. Wirmaika Septiadi dan narasumber Kolonel Laut (KH) Drs, Jaka Prasetya, M.Han.

Kebijakan Pertahanan Negara tahun 2020 merupakan kebijakan tahunan yang memuat tujuan dan sasaran Strategis Pertahanan Negara jangka pendek. Kebijakan tersebut merupakan acuan esensial bagi perumusan kebijakan-kebijakan bersifat khusus atau fungsional lain dibawahnya dan sebagai landasan dalam pengambilan keputusan guna menjalankan rencana kerja Kemhan tahun 2020.

Perkembangan lingkungan strategis yang terjadi pada kurun waktu tahun 2020 hingga saat ini telah mempengaruhi pencapaian sasaran kebijakan pertahanan negara tahun 2020. Salah satu fenomena lingkungan dan menjadi permasalahan utama bangsa Indonesia saat ini adalah pandemik Covid -19 yang memunculkan berbagai asumsi tentang peristiwa-peristiwa yang telah terjadi maupun yang belum terjadi hingga mengarah kepada tatanan kehidupan baru ( New Normal ).

Melalui kegiatan evaluasi ini akan dapat diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi Kebijakan Pertahanan Negara tahun 2020 termasuk identifikasi terhadap kejadian-kejadian yang berpengaruh secara signifikan dan kondisi khusus yang memerlukan penilaian ulang dengan segera dan intensif.

Kegiatan FGD ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tatanan normal baru Covid-19




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia