DEMO RANCANG BANGUN PEMBANGKIT LISTRIK BERBASIS MAGNET TANPA BAHAN BAKAR UNTUK OPERASIONAL TNI TAHAP I TA.2020

Wednesday, 14 October 2020

Jakarta (14/10/2020). Puslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan melaksanakan Demo Rancang Bangun Pembangkit Listrik Berbasis Magnet tanpa Bahan Bakar untuk Operasional TNI Tahap I TA.2020 di Operasional Office PT. Connexist Jl. Benda Raya Gg. Bambu Kuning 3B Kemang Jakarta Selatan. Acara demo disaksikan oleh Kabalitbang Kemhan Marsda TNI Julexi Tambayong, Kapuslitbang Iptekhan Marsma TNI Oki Yanuar, Kabid Dager Puslitbang Iptekhan Kolonel Inf FX. Giyono, SE., Kabag Proglap Set Balitbang Kemhan Kolonel Cpl Saiful, SE., Kabag Datin Set Balitbang Kemhan Kolonel inf Yan Namora, Direktur Utama PT. Connexist bapak DR. Tejo Hendratmo, para pejabat dan staf di lingkungan Balitbang Kemhan serta tim demo dari PT. Connexist.

Demo diawali sambutan oleh direktur utama PT.Connexist, selanjutkan sambutan oleh Kabalitbang Kemhan dan yang berikutnya paparan administrasi progres oleh staf PT.Connexist bapak Sigit Widjanarko serta paparan teknis kegiatan oleh bapak Iman Purnama Djaja dan dilanjutkan demo alat serta tanya jawab oleh peserta demo.

Perkembangan ilmu dan teknologi dibidang daya olah gerak dan sumber energi sangat pesat yang selalu diiringi dengan tuntutan kebutuhan fungsi dan penggunaan sampai saat ini. Tuntutan perkembangan dari setiap generasi disesuaikan dengan tuntutan kebutuhan saat ini maupun yang akan datang, baik secara parsial maupun simultan. Kebutuhan sumber energi menjadi sangat diperlukan dan sangat penting di dalam menjalankan organisasi apalagi instansi militer, tanpa adanya manajemen sumber daya energi yang tepat dan baik, dapat dipastikan tujuan tupoksi kegiatan bersama tidak akan tercapai dan akan mengalami kegagalan dalam mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu sistem sumber daya energi diciptakan untuk mendukung dan mempermudah perolehan energi listrik pada setiap kegiatan yang memerlukan sumber kelistrikan yang memadai dan tidak memerlukan sumber energi fosil atau pun bahan bakar pada umumnya.

Rancang bangun pembangkit listrik berbasis magnet tanpa bahan bakar untuk opersional TNI merupakan sebuah terobosan teknologi sumber listrik dalam mengisi kendala ketersediaan listrik yang ada dan menjadi andalan utama di dalam sebuah operasi militer maupun operasi non militer, dihutan, gunung, pantai, daerah bencana, dan perbatasan, yang mampu secara strategis mendukung sebuah operasi dapat dilakukan dengan mudah. Kegiatan demo dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tatanan normal baru Covid-19, yaitu membatasi jumlah yang hadir dan tetap menggunakan masker.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia