UJI FUNGSI CSV ( COMBAT SWIMMER VEHICLE )

Friday, 6 November 2020

Jakarta, Jum’at (06/11/2020). Balitbang kemhan dalam hal ini Puslitbang Iptekhan melaksanakan uji fungsi Sistem Power dan Sistem Kendali pada Combat Swimmer Vehicle (CSV) di Pos TNI AL pantai Mutiara, Jakarta Utara. Uji fungsiCombat Swimmer Vehicle disaksikan oleh Kabalitbang Kemhan Marsda TNI Julexi Tambayong, Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI Ir. Oki Yanuar , Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Rosidin, Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksma TNI Arif Harnanto, S.T., M.Eng., Kabid Dager Puslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Kolonel Inf FX. Giyono, SE., Kabagdatin Set Balitbang Kemhan, Kolonel Inf Yan Namora serta para pejabat Kemhan, perwakilan Satpaska Armada I Lantamal III/ Posal Pantai Mutiara TNI AL Mayor Edi Tritayasa dan tim uji fungsi dari PT. Robo Marine Indonesia serta personel yang terkait.

Kegiatan diawali sambutan dari Kabalitbang Kemhan Marsda TNI Julexi Tambayong, Kabid Dager Puslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Kolonel Inf FX. Giyono, SE., dan Dirut PT. Robo Marine Bapak Nico Prayogo, S.T., M.T., dilanjutkan paparan oleh Ibu Zainul Walidatish S, S.T., sebagai Project Manager PT. Robo Marine Indonesia dan selanjutnya pembacaan doa, dilanjutkan uji fungsi Sistem Power dan Sistem Kendali pada Combat Swimmer Vehicle (CSV) dari tim PT. Robo Marine Indonesia dan terakhir evaluasi hasil pelaksanaan uji fungsi tersebut. Pelaksanaan uji fungsi Sistem Power dan Sistem Kendali pada Combat Swimmer Vehicle (CSV) ini adalah hasil kerjasama antara Balitbang Kemhan dengan PT. Robo Marine Indonesia.

Uji fungsi ini dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan mengenai sistem kendali, manuver, surface mode serta semi submerged. Combat Swimmer Vehicle (CSV) adalah kendaraan taktis yang berfungsi sebagai kendaraan bantu penyelam pasukan katak TNI AL dalam melakukan infiltrasi ke dalam daerah musuh dan dapat juga digunakan sebagai surveilance. Berperan dalam meningkatkan mobilitas, kemampuan logistik, jangkauan jelajah dan kecepatan penyelam pasukan katak TNI AL .

Memiliki kemampuan untuk bergerak dalam tiga mode di permukaan, semi menyelam dan menyelam secara senyap sehingga mendukung kemampuan penyelam untuk bergerak ke daerah musuh tanpa diketahui. Untuk tahap uji kali ini kegiatan berfokus pada pengoperasian CSV dengan 3 mode, mode permukaan, setengah menyelam dan di bawah permukaan air. Kegiatan uji dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tatanan normal baru Covid-19, yaitu membatasi jumlah yang hadir dan tetap menggunakan masker.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia