UJI FUNGSI SISTEM PERSENJATAAN SENTRY GUN PADA RANPUR ROBOTIK UNMANNED GROUND COMBAT VEHICLE (UGCV) TAHAP II-II

Friday, 6 November 2020

Batujajar, Kamis (5/11/2020). Balitbang kemhan dalam hal ini Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan melaksanakan uji fungsi Sistem Persenjataan Sentry Gun pada Ranpur Robotik Unmanned Ground Combat Vehicle (UGCV) Tahap II-II di Laboratium Dislitbangad lapangan tembak 600 m Pusdiklatpassus Kopassus Bajujajar.. Uji fungsi disaksikan oleh Kabalitbang Kemhan Marsda TNI Julexi Tambayong, Direktur PT. Ansa Solusitama Indonesia Bapak Aji Winarko, S.T., Ses Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani, Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksma TNI Arif Hartnto, ST., M.Eng., Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Rosidin, M.Si (Han), Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI Ir. Oki Yanuar , Kadislitbangad Brigjen TNI Marjani, S.IP, Danpusdiklatpassus Brigjen TNI Thevi A Zebua , pejabat dari Kadislitbangal , Kadislitbangau , Srenum TNI, Srenad Pussenif Kodiklatad , Pussenkav Kodiklatad, Asrena Korp Marinir, Puspalad dan beberapa pejabat dari Balitbang Kemhan dan Dislitbangad.

Kegiatan diawali sambutan oleh Kabalitbang Kemhan, dalam sambutannya Kabalitbang menyampaikan semoga dalam pelaksanaan uji akan tercapai hasil yang maksimal sesuai dengan harapan kita bersama, sehingga nantinya hasil litbang ini dapat mendukung tugas-tugas user dalam hal ini TNI AD. Acara selanjutnya paparan oleh Kabid Matra Darat Puslitbang Alpalhan Kolonel Kav R. Herdiyanto N. S.Sos., Pembacaan doa, dilanjutkan Pelaksanan Uji Fungsi Sistem Persenjataan Sentry Gun pada Ranpur Robotik Unmanned Ground Combat Vehicle (UGCV) Tahap II-II yang dipimpin oleh Letkol Cpl Sukamto dari Dislitbangad dan terakhir evaluasi hasil pelaksanan uji fungsi tersebut. Pelaksanaan uji fungsi Sistem Persenjataan Sentry Gun pada Ranpur Robotik Unmanned Ground Combat Vehicle (UGCV) Tahap II-II ini adalah kerjasama antara Balitbang Kemhan dengan PT. Ansa Solusitama Indonesia.

Uji fungsi ini dilaksanakan untuk mendapatkan data sesuai spesifikasi yang telah ditetapkan dari Prototipe pengembangan Sistem Persenjataan Sentry Gun pada Ranpur Robotik (UGCV) yang telah dibuat pada tahap II ini sehingga dapat dicapai hasil yang maksimal. Kegiatan Litbang Sentry Gun pada tahap II-II TA. 2020 ini meliputi dari Sistem Persenjataan Sentry Gun Ranpur Robotik (Unmanned Ground Combat Vehicle) dan Transporter yang dilengkapi dengan Mobile Station Server sebagai alat pengendali/control. Kegiatan uji dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tatanan normal baru Covid-19, yaitu membatasi jumlah yang hadir dan tetap menggunakan masker.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia