BALITBANG KEMHAN DENGAN PT. LAPI ITB MELAKSANAKAN DEMO RADAR PASIF

Thursday, 12 November 2020

Jakarta, Kamis (12/11/2020). Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S., didampingi Kabalitbang Kemhan Marsda TNI Julexi Tambayong menyaksikan demo pengoperasian Radar Pasif yang dilaksanakan di Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dirkuathan Kemhan Marsda TNI N. Ponang Djawoto, Sekretaris Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani, Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Rosidin, M.Si (Han), Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI Oki Yanuar, S.T, Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksma TNI Arif Harnanto, S.T., M.Eng, Dirtekin Ditjen Pothan Laksma TNI Sri Yanto, ST., para pejabat di lingkungan Kemhan dan TNI, Direktur Utama PT. LAPI ITB Dr. Ir. Yusmar Anggadinata, Direktur PT. Panorama, Direktur PT. Inti, Direktur PT. Info Global dan Direktur PT. RTI.

Kegiatan diawali sambutan Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S., yang menyampaikan bahwa penguasaan pembuatan dan pengembangan teknologi Radar Pasif saat ini semakin berkembang dengan adanya teknologi software yang digunakan untuk modifikasi. Dengan demikian, diharapkan kita dapat memahami bersama teknologi software pada pengembangan Radar Pasif sehingga mendapatkan hasil yang optimal serta dapat mengambil keputusan bagaimana pemanfaatan secara maksimal guna mendukung pencapaian kemandirian teknologi industri pertahanan dan memenuhi kebutuhan operasi TNI.

Kemudian pada tempat yang sama, dilanjutkan paparan tentang Radar Pasif oleh Kabid Matra Udara Puslitbang Alpalhan Kolonel Lek Ir. Bambang Edhie S., M.T. Beliau menjelaskan mengenai aspek teknis dan pengoperasian serta peralatan yang berkaitan dengan Radar Pasif. Adapun Radar Pasif itu sendiri adalah sistem perangkat pendeteksi target layaknya radar konvensional ataupun tanpa mentransmisikan sinyal ke target yang dimaksud. Sebagai bagian dari elektronik warfare, Radar Pasif berperan penting dalam melakukan fungsi deteksi target menggunakan sinyal referensi atau sumber sinyal tertentu termasuk mengetahui lokasi sumber sinyal serta melakukan tracking.

Perlu diketahui bahwa pelaksanaan demo Radar Pasif Tahun 2020 ini adalah hasil kerjasama antara Balitbang Kemhan dengan PT. LAPI ITB Bandung. Setelah sesi paparan dan tanya jawab selesai, dilanjutkan demo Radar Pasif dari tim PT. LAPI ITB yang disaksikan oleh para pejabat dan diakhiri dengan ramah tamah. Kegiatan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tatanan normal baru covid-19, yaitu menjaga jarak dan tetap menggunakan masker.

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia