PENANDATANGAN PERJANJIAN KINERJA, PAKTA INTEGRITAS DAN KONTRAK PENGADAAN BARANG/JASA BALITBANG KEMHAN TA. 2021

Monday, 18 January 2021

Jakarta Jumat (16/01/2020), Balitbang Kemhan menyelenggarakan Penandatangan Perjanjian Kinerja, Pakta Integritas dan Kontrak Pengadaan Barang/ Jasa TA. 2021.  Kegiatan ini diselenggarakan pada Hari Jumat tanggal 16 Januari 2021 dan dimulai pada pukul 09.00 wib yang dibuka oleh Kabalitbang Kemhan Marsda TNI Julexi Tambayong. Dihadiri oleh Ses Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani, Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksma TNI Arief Harnanto, S.T., M.Eng., Kapuslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Martono, Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Rosidin, M.Si (Han), M.Sc., Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI Ir. Oki Yanuar, para pejabat Eselon III dan IV serta Mitra Balitbang Kemhan dan Peninjau dari perwakilan Kemhan.

Kegiatan diawali sambutan oleh Kabalitbang Kemhan Marsda TNI Julexi Tambayong, acara penandatanganan ini merupakan wujud komitmen dan tanggung jawab kita bersama dalam merencanakan, melaksanakan, mengendalikan dan mengawasi program dan kegiatan yang telah disusun pada satu tahun anggaran. Hal ini dimaksudkan agar terjalin hubungan timbal balik antara pimpinan dan yang dipimpin. target kinerja yang telah disepakati dan ditetapkan oleh pimpinan kemhan, harus dapat dicapai, saya menyadari, pencapaian target kinerja tersebut tidaklah gampang, untuk itu perlu inovasi dan kreativitas insan balitbang dalam mewujudkannya.

Perjanjian Kinerja merupakan Dokumen yang berisikan penugasan dari pimpinan instansi yang lebih tinggi kepada pimpinan instansi yang lebih rendah untuk melaksanakan program/kegiatan yang disertai dengan indikator kinerja. Diharapkan melalui perjanjian kinerja, terwujudlah komitmen penerima amanah dan kesepakatan antara penerima dan pemberi amanah atas kinerja terukur tertentu berdasarkan tugas, fungsi dan wewenang serta sumber daya yang tersedia.

Selanjutnya pada kesempatan ini, diagendakan kegiatan penandatanganan kontrak, yang dilaksanakan di awal januari 2021, hal ini bertujuan agar kita semua dapat memaksimalkan waktu dalam proses kelitbangan. terutama pada proses pengadaan materiil litbang agar tidak terjadi kegiatan lintas tahun. Disamping itu pola kelitbangan dengan mengedepankan penerapan kerja sama triple helix, harus dapat memaksimalkan output dan outcome dari anggaran yang sudah dialokasikan.

Pada tahun 2021 ini, balitbang melaksanakan kegiatan kontraktual dengan anggaran sebesar Rp. 91,8 M yang terdiri dari:

1. Sekretariat. lima program kegiatan, dengan nilai kontrak Rp. 1,8 M

2. Puslitbang alpalhan. empat program kegiatan, dengan nilai kontrak Rp. 59,4 M

3. Puslitbang iptekhan. empat program kegiatan, dengan nilai kontrak Rp 30,5 M

Selaku kuasa pengguna anggaran, saya memerintahkan agar:

1. PPK dan mitra penyedia yang telah ditunjuk dalam pelaksanaan kegiatan ini, dapat melaksanakan dan mempertanggung jawabkan pekerjaan dengan sebaik– baiknya, hindari kesalahan atau penyimpangan sekecil apapun.

2. Realisasi anggaran dan proges kemajuan pekerjaan harus dapat berjalan secara pararel dan sesuai dengan fakta integritas yang telah dibuat dan disepakati bersama.

3. Tingkatkan pengendalian dan pengawasan, karena hal ini sangat berpengaruh besar terhadap keberhasilan kegiatan yang dilaksanakan.

4. Setiap kegiatan litbang harus dilaporkan pencapaian setiap bulan, libatkan semua peneliti dan perekayasa agar hasil litbang memang merupakan produk kerja sama triple helix dan bukan produk mitra.

Kegiatan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tatanan normal baru covid-19, yaitu menjaga jarak dan tetap menggunakan masker.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia