SEMINAR LITBANG KESEJAHTERAAN PRAJURIT TNI

Wednesday, 10 March 2021

Jakarta, Rabu (10/03/2021). Puslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan menyelenggarakan seminar litbang tentang kesejahteraan prajurit TNI yang dilaksanakan di Rupatama Lantai V Gedung Ir. H. Djuanda Balitbang Kemhan, Jl. Jati No.1 Pondok Labu, Jakarta Selatan. Seminar dihadiri oleh Ses Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani, sekaligus membuka seminar mewakili Kabalitbang Kemhan, Kapuslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Martono, Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Rosidin, M.Si (Han), Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Laksma TNI Arif Harnanto, S.T., M.Eng., Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI Oky Yanuar, S.T., para pejabat di lingkungan Balitbang Kemhan dan undangan.

Kabalitbang Kemhan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Ses Balitbang Kemhan mengatakan, bahwa tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah, dan melindungi segenap bangsa dari segala bentuk ancaman dan gangguan. Untuk dapat melaksanakan tugas tersebut prajurit TNI dituntut profesional yang secara terminologi teoritis, mereka harus dapat melaksanakan tugasnya secara efektif dan dengan hasil berkualitas yang diindikasikan oleh sifat terampil terlatih dan terdidik, keseriusan kerja yang tinggi, jujur dan menjunjung moral spesifik ketentaraan berbasis doktrin. Untuk itu prajurit memerlukan adanya keseimbangan dan keselarasan hidupnya secara harmonis di dalam keluarga, lingkungan masyarakat dan komunitas profesinya atau dengan kata lain prajurit akan profesional bila mereka terlatih diperlengkapi peralatan tugasnya dan dipenuhi kesejahteraannya.

Lebih lanjut beliau menjelaskan, bahwa kesejahteraan adalah faktor utama dalam membentuk, membangun, dan mengembangkan profesionalitas. Oleh karena itu, pemantauan melalui pengukuran kesejahteraan prajurit adalah bahan pengambilan keputusan yang penting dalam memformulasikan langkah kebijakan pengelolaan anggaran pertahanan. Untuk itu Balitbang Kemhan perlu melaksanakan penelitian tentang kesejahteraan prajurit TNI yang berupaya untuk menentukan cara-cara menyederhanakan dan menambah fleksibilitas pada sistem kompensasi militer yang memberikan nilai bagi organisasi dan mendukung tujuan pembinaan personel TNI.

Mengakhiri sambutannya, Kabalitbang Kemhan mengucapkan terima kasih kepada narasumber, peserta undangan dan tim litbang yang telah menyampaikan gagasan, pendapat dan pemikirannya dalam penyempurnaan naskah. Kegiatan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tatanan normal baru Covid-19 yaitu membatasi jumlah yang hadir dan tetap menggunakan masker.

 

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia