PUBLIKASI HASIL LITBANG KEGIATAN BALITBANG KEMHAN DAN INTERNALISASI NILAI-NILAI KELITBANGAN KE LUAR INSTITUSI KEMHAN DI PUSDIKKAV PADALARANG JAWA BARAT

Monday, 29 March 2021

Padalarang, Senin (29/03/2021). Bagian Data dan Informasi Sekretariat Balitbang Kementerian Pertahanan melaksanakan kegiatan publikasi hasil litbang Balitbang Kemhan dan internalisasi nilai-nilai kelitbangan ke luar institusi Kemhan di Pusat Pendidikan Kavaleri (Pusdikkav) Padalarang, Jawa Barat. Kegiatan dipimpin oleh Kabagdatin Set Balitbang Kemhan Kolonel Inf Yan Namora, beserta tim dari Bagdatin Set, dan dihadiri Danpusdikkav Brigjen TNI Taufik Budi Santoso, Wadan Pusdikkav Kolonel Kav Bokiyar, dan seluruh perwira menengah Pusdik Kavaleri.

Kegiatan diawali sambutan oleh Danpusdikkav Brigjen TNI Taufik Budi Santoso, beliau mengucapkan terima kasih dan penghargaan sedalam-dalamnya kepada tim Bagdatin Set Balitbang Kemhan atas kedatangannya. Semoga dengan kedatangannya ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan baru bagi para prajurit TNI di Pusdikkav, dan memberikan masukan dan inovasi baru untuk kemajuan litbang TNI serta sebagai bagian dari pembinaan satuan dan peningkatan kualitas diri di masa yang akan datang.

Sambutan kedua oleh Kabagdatin Set Balitbang Kemhan, beliau menyampaikan bahwa tujuan dari kedatangan tim dari Bagdatin Set Balitbang Kemhan adalah untuk mempublikasikan hasil-hasil litbang pertahanan dengan maksud agar para prajurit TNI dapat mengenal produksi alutsista yang diciptakan oleh putra-putri bangsa Indonesia. Selain itu diharapkan sebagai user, prajurit TNI dapat memberikan masukan dalam penyempurnaan litbang serta dalam rangka ikut mengurangi ketergantungan import produk alutsista dari luar negeri.

Kemudian Kabagdatin menambahkan, upaya-upaya litbang yang dilakukan saat ini juga ditujukan untuk mengatasi keterbatasan pemenuhan kebutuhan alutsista TNI. Oleh karena itu prajurit TNI ke depan harus mampu melahirkan gagasan kreatif, inovasi-inovasi yang tepat sasaran, membaca peluang, mengidentifikasi permasalahan dan mencari solusi yang tepat agar langkah TNI  ke depan lebih terarah dalam mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan paparan tentang litbang Kendaraan Peluncur R-Han 122b dan Sentry Gun oleh Mayor Cpl Duanrey H., litbang Combat Swimmer Vehicle oleh Letkol Arm L. Abdul Malik, S.E., tanya jawab dan ramah tamah. Kegiatan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tatanan normal baru Covid-19 yaitu membatasi jumlah yang hadir dan tetap menggunakan masker.

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia