KABALITBANG KEMHAN HADIRI ACARA DISEMINASI SAKIP BALITBANG

Thursday, 14 October 2021

Jakarta, Kamis (14/10/2021). Kabalitbang Kemhan Marsdya TNI Julexi Tambayong, Ses dan para Kapuslitbang Balitbang Kemhan menghadiri acara diseminasi Sistem akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Balitbang Kemhan yang dilaksanakan di Rupatama Lantai V Gedung Ir. H. Djuanda Kantor Balitbang Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu, Jakarta Selatan. Acara dihadiri oleh Karo Ortala Setjen Kemhan Brigjen TNI Jati Bambang P., S.IP, M.AP, pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Balitbang Kemhan.

Dalam sambutannya, Kabalitbang Kemhan menyampaikan bahwa SAKIP adalah rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklasifikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah. Adapun penyelenggaraan SAKIP sesuai dengan pasal 5 Perpres Nomor 29 Tahun 2014 meliputi rencana strategis, perjanjian kinerja, pengukuran kinerja, pengelolaan data kinerja, pelaporan kinerja, reviu dan evaluasi kinerja.

Lebih lanjut Kabalitbang menambahkan, adapun tujuan diseminasi SAKIP di Balitbang Kemhan adalah guna menambah pengetahuan dan wawasan bagi pejabat khususnya yang membidangi SAKIP di Balitbang Kemhan. Agar penyusunan laporan kinerja instansi Balitbang Kemhan Tahun 2021 dapat ditingkatkan menjadi lebih baik dan dapat menindaklanjuti sejumlah 7 (tujuh) rekomendasi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang telah disampaikan kepada Menteri Pertahanan.

Di akhir sambutannya, Kabalitbang Kemhan mengharapkan agar diseminasi ini dapat digunakan sebagai bekal dalam penyusunan LKJIP Balitbang Kemhan Tahun 2021 dan perjanjian kinerja Tahun 2022 yang akan disusun pada Triwulan I Tahun 2022. Acara diseminasi SAKIP Balitbang Kemhan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tatanan normal baru Covid-19 yaitu membatasi jumlah yang hadir dan tetap menggunakan masker.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia