UJI COBA RANCANG BANGUN PEMBANGKIT LISTRIK BERBASIS MAGNET TANPA BAHAN BAKAR

Friday, 15 October 2021

Jakarta, Jumat (15/10/2021). Puslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan melaksanakan uji coba rancang bangun pembangkit listrik berbasis magnet tanpa bahan bakar untuk operasional TNI Tahap II-II TA. 2021 di lapangan Balitbang Kemhan, Jl. Jati No.1 Pondok Labu, Jakarta Selatan. Kegiatan uji coba tersebut disaksikan oleh Kabalitbang Kemhan Marsda TNI Julexi Tambayong, Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI R. Bambang Ismiyadi, S.T., Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Rosidin, M.Si (Han), M.Sc., dan para pejabat di lingkungan Kemhan.

Kegiatan uji coba tersebut merupakan kerjasama antara Balitbang Kemhan dengan PT. Connexist Indonesia. Dalam sambutannya Kabalitbang mengatakan, bahwa kegiatan penelitian rancang bangun pembangkit listrik berbasis magnet tanpa bahan bakar ini terwujud dari hasil kajian dan model yang masih perlu diadakan pengembangan agar dapat digunakan. Dalam hal ini Balitbang Kemhan berupaya mewujudkan penguasaan teknologi pada rancang bangun tersebut.

Lebih lanjut Kabalitbang mengatakan, diharapkan melalui kegiatan litbang ini dapat menghasilkan konsep teknologi pembangkit listrik berbasis magnet tanpa bahan bakar yang bisa digunakan untuk mendukung kegiatan operasional TNI di wilayah pulau-pulau terluar, pedalaman, perbatasan dan daerah terpencil yang belum adanya jaringan listrik. Kegiatan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tatanan normal baru Covid-19 yaitu tetap menggunakan masker.

 

 

 

 

 

 

 

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia