UJI STATIS PENGEMBANGAN ROKET JARAK 100 KM GROUND TO GROUND R-HAN 450 TAHAP I-IV TA. 2021

Saturday, 30 October 2021

Pamengpeuk-Garut, Jum’at (29/10/2021). Balitbang Kemhan dalam hal ini Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan melaksanakan uji statis roket jarak 100 km ground to ground R-Han 450 di lapangan uji Teknologi, Pengamatan Antariksa dan Atmosfir LAPAN Pamengpeuk, Garut, Jawa Barat. Uji statis roket jarak 100 km ground to ground R-Han 450 disaksikan oleh Kabalitbang Kemhan Marsda TNI Julexi Tambayong, Ses Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdulah Sani, Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Laksma TNI Arif Harnanto, S.T.,M.Eng., Kapuslitbang Sumdahan Brigjen TNI Achmad Budiono, S.IP., Kabid Matra Darat Puslitbang Alpalhan Kolonel Kav R. Herdianto Nuringtyas, S.Sos, Kabagdatin Kolonel Inf Yan Namora, Kabag Proglap Kolonel Cpl Saiful, S.E. para pejabat di lingkungan TNI dan Kemhan, tim uji statis dari PT. LAPAN serta personel yang terkait.

Kegiatan diawali sambutan oleh Kapustek Roket dari PT. LAPAN, Dr. Heru Supriyatno, M.Eng kemudian sambutan kedua oleh Direksi PT. Dahana Wildan Widaman dilanjutkan sambutan dari Kabalitbang Kemhan Marsda TNI Julexi Tambayong kemudian Paparan kesiapan uji statis roket R-Han 450 Dr. Arif Nur Hakim, M.Eng diakhiri dengan pembacaan doa, dilanjutkan uji statis roket jarak 100 km ground to ground R-Han 450 dari tim PT. LAPAN dan terakhir evaluasi hasil pelaksanaan uji statis roket jarak 100 km ground to ground R-Han 450. Pelaksanaan uji statis roket jarak 100 km ground to ground R-Han 450 ini adalah hasil kerjasama antara Balitbang Kemhan dengan PT. LAPAN, PT. Dahana dan BRIN. Pengembangan roket jarak 100 Km Ground to Ground R-Han 450 Tahap I-IV TA 2021 adalah program dari pengembangan roket sebelimnya yang bertujuan untuk memahami konsep pengembangan roket R-Han 450 ditinjau dari prinsip dan cara kerjanya, konstruksi serta perancangannya.

Rangkaian dari kegiatan pengembangan roket jarak 100 Km Ground to Ground R-Han 450 Tahap I-IV TA 2021 salah satunya adalah melaksanakan uji statis yang bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan data nilai yang ditinjau dari aspek konstruksi dan perlengkapan, kemampuan dan kelancaran kerja serta nilai Presure (tekanan), Thrust (Gaya dorong), Burning Time dan Impuls Spesifik karakteristik, kinerja propulsi serta struktur motor dari roket R-Han 450 hasil redisain terbaru. Kegiatan uji dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tatanan normal baru Covid-19, yaitu membatasi jumlah yang hadir dan tetap menggunakan masker.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia