UJI FUNGSI LITBANG KENDARAAN SISTEM PEMBAWA MORTIR 81 MM TAHAP I-II TA.2021

Friday, 5 November 2021

Batujajar-Bandung, Jum’at (5/11/2021). Balitbang Kemhan dalam hal ini Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan melaksanakan uji fungsi kendaraan sistem pembawa mortir 81 mm tahap I-II di Laboratorium Dislitbangad, Batujajar, Bandung, Jawa Barat. Uji fungsi kendaraan sistem pembawa mortir 81 mm tahap I-II disaksikan oleh Kabalitbang Kemhan Marsda TNI Julexi Tambayong, Ses Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdulah Sani, Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Laksma TNI Arif Harnanto, S.T.,M.Eng., Kapuslitbang Sumdahan Brigjen TNI Achmad Budiono, S.IP., Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Marsma TNI R. Bambang Ismiyadi, ST., Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Rosidin M.Si (Han), M.Sc., Kapuspalad diwakili oleh Kolonel Cpl Yeyet KH., Pussenif Kolonel Inf Sunaryo, Danpusdikpasus diwakili oleh Kolonel Inf Anwar , Irjen Kemhan Kolonel Cpl Zulfikar , Kabid Matra Darat Puslitbang Alpalhan Kolonel Kav R. Herdianto Nuringtyas, S.Sos, Kabagdatin Kolonel Inf Yan Namora, Kabag Proglap Kolonel Cpl Saiful, S.E. para pejabat di lingkungan Balitbang Kemhan dan TNI , tim uji statis dari PT. Sas Aero Sishan serta personel yang terkait.

Kegiatan diawali sambutan oleh Direktur PT. Sas Aero Sishan bapak M. Rasyid Ridha, kemudian sambutan kedua oleh Kabalitbang Kemhan Marsda TNI Julexi Tambayong, kemudian paparan program uji fungsi oleh Kabid Matra Darat Kolonel Kav R. Herdianto N, S.Sos, dilanjutkan paparan pelaksanaan uji fungsi oleh tim uji, pembacaan doa, dilanjutkan uji fungsi kendaraan sistem pembawa mortir 81 mm dari tim PT. Sas Aero Sishan dan terakhir evaluasi hasil pelaksanaan uji fungsi. Litbang kendaraan sistem pembawa mortir 81 mm tahap I-II TA.2021 adalah program Litbang yang berkerja sama dengan PT. Sas Aero Sishan. Tujuan dari uji fungsi ini adalah untuk mengetahui spesifikasi dan data karakteristik Kendaraan sistem pembawa mortir 81 mm. Sasaran uji fungsi ini untuk mendapatkan data hasil uji kontruksi dan perlengkapan, uji mekanisme fungsi dan uji tembak pada kendaraan sistem pembawa mortir 81 mm.

Untuk uji kontruksi dan perlengkapan berupa pengujian kualitas bahan/material dan bentuk/dimensi superstruktur. Untuk uji mekanis meliputi pengujian mekanisme folding, unfolding, azimuth dengan sistem elektrik, azimuth dengan pemutar manual, elevasi dengan sistem elektrik, elevasi dengan pemutar manual, penguncian laras, rak amunisi, dan rak penyimpanan. Sedangkan untuk uji tambahan berupa uji tembak berupa pengujian tembak dengan granat asap mortir 81 mm. Kegiatan uji dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tatanan normal baru Covid-19, yaitu membatasi jumlah yang hadir dan tetap menggunakan masker.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia