RAPAT KERJA TEKNIS (RAKERNIS) BALITBANG KEMHAN SEMESTER II TAHUN 2021

Tuesday, 21 December 2021

Jakarta, Senin (20/12/2021). Sekretaris Balitbang Kemhan Brigjen TNI Abdullah Sani memimpin Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Balitbang Kemhan Semester II Tahun 2021 yang dilaksanakan di Rupatama Lt. V Ged. Djuanda Kantor Balitbang Kemhan Jl. Jati No. 1 Pondok Labu Jakarta Selatan dengan tema “Membangun Kinerja Balitbang Kemhan yang Berkarakter Guna Mendukung Kemandirian Kelitbangan Pertahanan yang Kuat”. Kegiatan dihadiri oleh Kapuslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan DR. IE Djoko Purwanto, SE., MM., Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Laksma TNI Arif Harnanto, S.T., M.Eng, Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Rosidin, M.Si (Han), Kapuslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan diwakili oleh Kolonel Inf FX. Giyono, para pejabat Eselon III dan IV.

Kegiatan diawali sambutan tertulis Kabalitbang Kemhan yang dibacakan oleh Ses Balitbang, bahwa kita perlu melakukan terobosan sebagai upaya dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi secara maksimal dalam mendukung arah kebijakan strategis pimpinan dengan memberikan dampak yang nyata, maka perlu dibangun budaya kinerja balitbang yang berkarakter tegas benar berani dan bertanggung jawab guna mewujudkan kemandirian pertahanan yang kuat. Rakernis pada hakekatnya merupakan evaluasi pelaksanaan program kegiatan yang sudah dilaksanakan dan untuk menyamakan visi, misi, persepsi program kedepan guna dapat ditindaklanjuti oleh kasubsatker balitbang kemhan demi keberhasilan pelaksanaan tugas dan fungsi balitbang kemhan pada tahun anggaran yang akan datang. Rakernis balitbang kemhan tahun 2021 diharapkan dapat menjadi forum penyampaian evaluasi dari berbagai permasalahan program dan anggaran kelitbangan pada tahun 2021, sehingga hasil litbang berupa kajian maupun purwarupa dapat digunakan sebagai referensi terkait permasalahan pertahanan yang harus dapat memberikan manfaat/dampak strategis terhadap pertahanan nasional.

Dengan adanya refocusing pasti berpengaruh terhadap target kinerja yang sudah disusun melalui perjanjian kinerja dan pakta integritas, namun secara umum pelaksanaan program dan kegiatan litbang dapat terlaksana dengan mengefektifkan dan mengefisiensikan anggaran, walau masih banyak kekurangan yang harus dibenahi.

Di akhir sambutannya, Kabalitbang mengapresiasi kegiatan litbang non materiil yang telah dilaksanakan, sudah ada upaya melalui studi literatur, kepustakaan dan rapat-rapat zoom meeting yang semata-mata untuk mengoptimalkan keluaran hasil kajian, namun perlu penyempurnaan terhadap analisa agar lebih komprehensif, sedangkan litbang materiil masih banyak terjadi kegagalan-kegagalan, dimana alat belum menunjukkan perfomance yang maksimal, ini harus menjadi instropeksi bagi para pelaksana kegiatan (kalakgiat) untuk mengevaluasi dan memperbaiki pelaksanaannya, agar kedepan dapat menghasilkan output dan outcome bagi kemandirian alutsista TNI.

Dalam pelaksanaan Rakernis Semester II Tahun 2021 ini, dihadirkan narasumber dari BRI yang memaparkan tentang KPR, Briguna dan Pijar. Kegiatan Rakernis dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tatanan normal baru Covid-19 yaitu membatasi jumlah yang hadir dan tetap menggunakan masker, namun bagi anggota yang tidak dapat mengikuti kegiatan tersebut dapat melihat secara langsung dengan aplikasi video conference yang telah disediakan link-nya.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia