FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) TENTANG LITBANG PEMANFAATAN GRAFIT SEBAGAI BAHAN BAKU INDUSTRI PERTAHANAN

Wednesday, 23 March 2022

Jakarta, Rabu (23/03/2022). Puslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang Litbang Pemanfaatan Grafit Sebagai Bahan Baku Industri Pertahanan Tahun Anggaran 2022 di ruang Rapat Lt. V Gedung H. Djuanda Balitbang Kemhan Jl. Jati No.1 Pondok Labu Jakarta Selatan. Kegiatan FGD dipimpin oleh Kapuslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan Brigjen TNI Dr. I.E Djoko Purwanto S.E, M.M dan dihadiri undangan yang terkait. Sebagai Ketua Tim sekaligus pemapar pertama adalah Kolonel Cpl Hezron H.S S.IP Kabid SDAB Puslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan.

Sebagai Nara Sumber I Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, M. Si (Tenaga Ahli Pengajar Bidang SKA Lemhannas RI), Nara Sumber II Dr. Ir. Joko Soesilo, M.T, IPM (Dosen Teknik Geologi FT UPN “Veteran” Yogyakarta) dan Nara Sumber III Reza Marza D, ST (Penyelidik Pertama Bidang Mineral Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi Badan Geologi Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral).

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dilaksanakan sebagai wadah untuk berdiskusi, sekaligus sebagai sarana untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan guna menunjang pelaksanaan kegiatan. Latar Belakang dilaksanakannya penelitian ini, bahwa sampai saat ini industri pertahanan sampai masih tergantung suplai bahan baku untuk produksinya dari penyedia luar negeri. Di sisi lain, Indonesia memiliki kelimpahan/kekayaan mineral strategis yang belum dapat dimanfaatkan dan dikembangkan secara mandiri di dalam negeri salah satunya adalah mineral Grafit. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan penelitian bagaimana potensi kandungan grafit, potensi pemanfaatan grafit untuk bahan baku industri pertahanan dan kebijakan yang tepat terkait penanganan grafit. Kegiatan FGD ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia